%0 Generic %A Hasna Rizqiani, Azizah %C Universitas Lampung %D 2024 %F eprints:79425 %I Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan %T PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING BERBASIS HANDS ON EXPERIENCE TERHADAP LITERASI SAINS ANAK USIA 5-6 TAHUN %U http://digilib.unila.ac.id/79425/ %X Masalah dalam penelitian ini yaitu literasi sains anak belum berkembang secara optimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran discovery learning berbasis hands on experience terhadap literasi sains anak usia 5-6 tahun. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian quasi eksperimen. Desain penelitian ini adalah nonequivalent control group design. Sampel penelitian ini berjumlah 48 anak yang berusia 5-6 tahun. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi. Teknik analisis data menggunakan uji Mann Whitney. Hasil uji Mann Whitney menunjukkan terdapat pengaruh positif model pembelajaran discovery learning berbasis hands on experience terhadap literasi sains anak usia 5-6 tahun di TK Mekar Wangi. Dengan indikator menarik kesimpulan sebagai indikator dominan yang berpengaruh sebesar 24,1%, dan indikator membuktikan hipotesis sebagai indikator paling kecil pengaruhnya sebesar 13,2%. Beberapa faktor yang dapat menjadi penghambat kurangnya pengaruh indikator membuktikan hipotesis yaitu model pembelajaran discovery learning berbasis hands on experience tidak efisien untuk mengajar jumlah siswa yang terlalu banyak, dan model ini memiliki asumsi bahwa semua siswa memiliki kesiapan pikiran untuk belajar.