%0 Generic %A 0911011168, Wenni Clara Kurnia %D 2013 %F eprints:7947 %T Pengaruh Relationship Marketing Terhadap Loyalitas Nasabah Pada Bank Lampung %U http://digilib.unila.ac.id/7947/ %X Abstrak Dunia perbankan saat ini mengalami perkembangan yang sangat pesat. Sehingga tingkat persaingan dunia perbankan sekarang ini semakin ketat. Dengan bangkitnya bank-bank asing dan bank-bank swasta maka persaingan sedikit demi sedikit akan terasa berat. Menyikapi hal itu maka Bank Lampung mencari strategi yang baik untuk menimbulkan loyalitas nasabahnya. Masalah yang dihadapi Bank Lampung adalah sulitnya menimbulkan loyalitas nasabah, sehingga perusahaan harus melakukan strategi pemasaran berupa relationship marketing. Permasalahan yang akan diteliti adalah apakah strategi relationship marekting yang terdiri dari financial benefits, social benefits dan structural benefitsdapat mempengaruhi loyalitas nasabah pada Bank Lampung dan program relationship marketing mana yang paling dominan mempengaruhi loyalitas nasabah pada Bank Lampung. Tujuan yang ingin dicapai pada penelitian ini adalah untuk mengetahui variabel mana yang paling mempengaruhi loyalitas nasabah pada Bank Lampung. Hipotesis yang diajukan “relationship marketingyang terdiri dari variable financial benefits , social benefits dan structural benefitsberpengaruh secara signifikan pada loyalitas nasabah Bank Lampung”. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh nasabah Bank Lampung yang sudah membuka tabungan selama lebih dari satu tahun di Bank Lampung. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 100 responden. Hasil analisis linear berganda membuktikan bahwa dapat diketahui pengaruh financial benefits, social benefitdan stuctural benefitsterhadap loyalitas nasabah sebesar R2 = 0,554 hal ini berarti sumbangan variabel X (financial benefits, social benefitsdan structural benefits) berperan dalam mempengaruhi setiap variabel Y (Loyalitas Nasabah) sebesar 55.4%. Sedangkan sisanya sebesar 41,7% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diidentifikasi dalam penelitian ini. Saran yang dapat direkomendasikan dari hasil penelitian ini adalah Bank Lampung dapat menggunakanfinancial benefits sebagai kunci untuk meningkatkan loyalitas nasabah di Bank Lampung. Seperti ditambahnya pengundian tabungan sigermas yang tadinya hanya dilaksanakan 1 kali dalam setahun mungkin ada baiknya dilaksanakan 2 kali dalam setahun. Kata kunci : relationship marketing, loyalitas, Bank Lampung.