%0 Generic %A Cindy , Alfayani %C UNIVERSITAS LAMPUNG %D 2024 %F eprints:79513 %I FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN %T PENGARUH PEMBELAJARAN BLENDED LEARNING MENGGUNAKAN TRACKER PADA MATERI GERAK HARMONIS SEDERHANA BERBASIS INKUIRI TERBIMBING TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA %U http://digilib.unila.ac.id/79513/ %X Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran blended learning menggunakan aplikasi tracker berbasis inkuiri terbimbing terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa. Desain pada penelitian ini adalah One Group Pretest Postest. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas X IPA 3 SMAN 1 Gedongtataan dengan jumlah siswa sebanyak 36 orang. Treatment yang diberikan berupa pembelajaran blended learning pada materi gerak harmonis sederhana pada pegas berbantuan aplikasi tracker berbasis inkuiri terbimbing. Data kemampuan berpikir kreatif siswa diperoleh berdasarkan penggunaan tes tertulis (Pretest-Postest) dan analisis data hasil belajar siswa menggunakan Uji Paired Sample T-Test. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh dari nilai pretest dan postest siswa dimana hasil yang didapatkan yaitu nilai N-Gain sebesar 0,20 dengan kategori rendah dan hasil uji analisis paired sample T-test menunjukkan nilai sig.(2-tailed) kurang dari 0,05 maka dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang terjadi terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa sebelum dan sesudah pembelajaran menggunakan aplikasi tracker. Hasil tersebut menunjukkan bahwa pembelajaran blended learning menggunakan aplikasi tracker berbasis inkuiri terbimbing dapat meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa. Kata Kunci : aplikasi tracker, blended learning, inkuiri terbimbing, kemampuan berpikir kreatif.