%0 Generic %A FADILA , OKTA VIO %C UNIVERSITAS LAMPUNG %D 2023 %F eprints:79521 %I FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN %T EFEKTIVITAS MODEL DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS PADA MATERI LARUTAN PENYANGGA %U http://digilib.unila.ac.id/79521/ %X Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan efektivitas model discovery learning dalam meningkatkan KPS pada materi larutan penyangga. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA di SMAN 07 Bandarlampung Tahun Pelajaran 2022/2023. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas XI IPA 6 sebagai kelas eksperimen dan XI IPA 3 sebagai kelas kontrol. Sampel dipilih dengan menggunakan teknik purposive sampling. Desain dalam penelitian ini adalah The Matching-Only Pretests-Postest Control Group Design. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji perbedaan dua rata-rata dengan uji Independent Samples t-Test. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata n-gain KPS untuk kelas eksperimen dan kelas kontrol yaitu 0,74 dan 0, 46. Hasil analisis data menunjukkan terdapat perbedaan rata-rata n-gain KPS yang signifikan antara kelas eksperimen yang diterapkan model discovery learning dan kelas kontrol yang menggunakan pembelajaran konvensional. Hal ini menunjukkan model discovery learning efektif dalam meningkatkan KPS peserta didik pada materi larutan penyangga. Kata kunci : model discovery learning, larutan penyangga, keterampilan proses sains