@misc{eprints79525, month = {Pebruari}, title = {PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) BERBANTU MEDIA INFOGRAFIS TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF PADA MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN TINGKAT SMP}, author = {OLIVIA ALIANDA BEBY }, address = {UNIVERSITAS LAMPUNG}, publisher = {FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN}, year = {2024}, url = {http://digilib.unila.ac.id/79525/}, abstract = {Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari model pembelajaran Problem Based learning (PBL) berbantu media infografis terhadap hasil belajar kognitif pada materi pencemaran lingkungan tingkat SMP. Jenis penelitian yang digunakan ialah quasi eksperimen. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan desain ..pretest-postest. .equivalent .control.. group. Sampel..dalam..penelitian..ini diambil dengan teknik purposive sampling terpilih kelas VII G sebagai kelas eksperimen dan VII H sebagai kelas kontrol. Data penelitian didapatkan dengan memberikan pretest, postest serta angket tanggapan peserta didik terhadap penerapan model PBL berbantu media infografis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan model PBL..berbantu media infografis terhadap hasil belajar kognitif peserta didik dengan nilai sig (2-tailed) 0,00{\ensuremath{<}}0,05 sehingga H1 diterima dan H0 ditolak. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penggunakan model PBL berbantu media infografis berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar kognitif pada materi pencemaran lingkungan di SMP Negeri 3 Terbanggi Besar. Kata Kunci: Hasil Belajar Kognitif, Media Infografis, Model Pebelajaran PBL, Pencemaran Lingkungan} }