%A ASMAUL HUSNA SITI %T ALIH WAHANA FILM YUNI SUTRADARA KAMILA ANDINI KE DALAM NOVEL YUNI KARYA ADE UBAIDIL DAN IMPLIKASINYA PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SMA %X Penelitian ini berfokus pada alih wahana film Yuni sutradara Kamila Andini ke dalam novel Yuni karya Ade Ubaidil dan implikasinya pada pembelajaran bahasa Indonesia di SMA. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan alih wahana (de-ekranisasi) film ke dalam novel Yuni dan mengimplikasikannya pada pembelajaran Bahasa Indonesia dalam bentuk Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD). Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Sumber data penelitian ini ialah film dan novel Yuni. Selanjutnya, data dalam penelitian ini adalah data kualitatif berupa cuplikan dari film dan kutipan dalam novel Yuni. Data dikumpulkan dan dianalisis dengan langkah berikut, 1) menonton dan mengamati film Yuni, 2) membaca novel Yuni, 3) membandingkan dan mengindikasi perubahan alur, tokoh, dan latar dalam film dan novel Yuni, 4) menjabarkan hasil transformasi dan mengidentifikasi ke dalam aspek alih wahana, 5) menyimpulkan hasil analisis, 6) merancang Lembar Kerja Peserta Didik. Hasil penelitan menunjukkan bahwa proses alih wahana film Yuni sutradara Kamila Andini ke dalam novel terdapat perubahan berupa aspek penciutan, penambahan, dan perubahan bervariasi yang terjadi pada bagian alur, tokoh, dan latar. Perubahan-perubahan ini terjadi karena adanya penyesuaian media dan kemampuan imajinasi pengarang dalam mengembangkan cerita agar menarik perhatian pembaca dan tidak monoton karena sama dengan karya sumbernya. Meskipun terjadi perubahan dalam proses pengalihwahanaan film ke dalam novel inti cerita dan pesan yang disampaikan melalui novel tidak melenceng dari dalam film. Hasil penelitian dapat diimplikasikan ke dalam pembelajaran Bahasa Indonesia di SMA kelas XII dalam bentuk bahan ajar berupa Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD). Kata kunci: alih wahana, de-ekranisasi, unsur intrinsik, LKPD %D 2024 %C UNIVERSITAS LAMPUNG %R 2013041004 %I KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN %L eprints79609