%0 Generic %A Desi, Hariyani %C UNIVERSITAS LAMPUNG %D 2024 %F eprints:79618 %I FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN %T Pengaruh model pembelajaran berbasis masalah terhadap kemampuan berpikir kritis anak usia dini %U http://digilib.unila.ac.id/79618/ %X Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran berbasis masalah terhadap kemampuan berpikir kritis anak usia 5-6 tahun. Jenis penelitian menggunakan kuantitatif dengan metode penelitian quasi eksperimen. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan purposive sampling dengan jumlah sampel pada penelitian ini berjumlah 20 anak dan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji wilcoxon signed rank test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai treatment dengan model pembelajaran berbasis masalah dan dilakukan posttest ada kenaikan sebesar 45% anak berkembang sesuai harapan (BSH) dibandingkan sebelum menggunakan model pembelajaran berbasis masalah hasil dari pretest kemampuan berpikir kritis anak yang mulai berkembang (MB) sebesar 35%, maka hasil akhir anak dari jumlah pretest dan posttest berada pada tahap berkembang sangat baik (BSB) sebesar 80%. Hal itu menunjukkan bahwa ada pengaruh dari penggunaan model pembelajaran berbasis masalah terhadap kemampuan berpikir kritis anak usia 5-6 tahun. Kata kunci : model pembelajaran berbasis masalah, kemampuan berpikir kritis, anak usia dini