%0 Generic %A AHMAD , YUSUF %C UNIVERSITAS LAMPUNG %D 2024 %F eprints:79656 %I FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN %T PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TALKING STICK TERHADAP KETERAMPILAN MENGEMUKAKAN PENDAPAT PESERTA DIDIK KELAS VIII PADA MATA PELAJARAN PPKN DI SMP NEGERI 8 BANDAR LAMPUNG %U http://digilib.unila.ac.id/79656/ %X Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari penerapan model pembelajaran Talking Stick Terhadap Keterampilan Mengemukakan Pendapat Peserta Didik Kelas VIII Di SMP Negeri 8 Bandar Lampung. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yakni menggunakan metode Quasi Eksperiment dengan pendekatan kuantitatif. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII I dan H SMP Negeri 8 Bandar Lampung. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 25 responden . Pengambilan data penelitian ini menggunakan teknik angket dan observasi. Teknik analisis data pada penelitian ini yakni menggunakan Uji T-Test dengan bantuan SPSS Versi 25. Hasil Penelitian ini diketahui bahwa model pembelajaran talking stick berpengaruh terhadap keterampilan mengemukakan pendapat peserta didik sebesar 81,9%, namun keterampilan mengemukakan pendapat peserta didik belum sepenuhnya dimiliki oleh peserta didik, terdapat pengaruh lain yaitu peserta didik berani bertanggung jawab, memiliki kepercayaan diri, dan mampu memecahkan masalah. Indikator pada variabel independen (X) yaitu : persiapan, penjelasan materi, pembelajaran inti, sesi tanya jawab, dan kesimpulan. Kemudian dalam indikator variabel dependen (Y) yaitu : kejelasan pengungkapan pendapat, kesesuaian dengan materi yang diajarkan, dan keberanian mengemukakan pendapat. Dengan menggunakan model pembelajaran talking stick, peserta didik mampu mengemukakan pendapatnya dengan baik, peserta didik terlihat percara diri ketika mengemukakan pendapat. Kemudian model pembelajaran talking stick memberikan suasana pembelajaran yang menyenangkan dan peserta didik lebih antusias dalam mengungkapkan pendapatnya pada saat bertanya. Kata Kunci : Talking Stick, Keterampilan Mengemukakan Pendapat, Peserta Didik, Tanggung Jawab, Pembelajaran