%0 Generic %A 0911011095, RIA OCTAVIA %D 2012 %F eprints:7966 %T ANALISIS PENGARUH PERTUMBUHAN PERUSAHAAN TERHADAP INVESTMENT OPPORTUNITY SET PADA PERUSAHAAN AUTOMOTIVE YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA %U http://digilib.unila.ac.id/7966/ %X Abstrak Perusahaan yang memiliki banyak peluang dalam berinvestasi di masa depan akan semakin besar peluang untuk tumbuh. Pasar menilai perusahaan yang sedang tumbuh memiliki harga saham yang lebih besar dari nilai bukunya. Pilihan-pilihan investasi yang memberikan pertumbuhan bagi perusahaan di masa datang ini dikenal dengan istilah. Investment Opportunity Set (IOS). Variabel realisasi pertumbuhan aktiva, pertumbuhan ekuitas, pertumbuhan penjualan, dan pertumbuhan laba merupakan beberapa variabel yang berpengaruh dalam pengambilan keputusan investasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh variable realisasi pertumbuhan terhadap opsi keputusan Set Kesempatan Investasi (IOS), yang diambil dengan purposive sampling pada perusahaan otomotif yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2010-2011. Model analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linier berganda dengan teknik pengujian hipotesis yaitu uji paired sample t-test, uji-t, dan uji-f. Hasil uji paired sample t-test menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara nilai pasar dan nilai buku sehingga rasio MVE, MVA, dan PER bisa digunakan sebagai proksi IOS yang cukup valid untuk mengukur tingkat pertumbuhan perusahaan. Secara simultan, variabel realisasi pertumbuhan mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap opsi keputusan investasi IOS. Sedangkan secara parsial, menunjukkan bahwa pertumbuhan laba tidak berpengaruh secara signifikan terhadap opsi investasi IOS, sedangkan variabel pertumbuhan aktiva, ekuitas, dan penjualan berpengaruh signifikan terhadap opsi investasi Investment Opportunity Set (IOS). Besarnya koefisien determinasi adalah 0,412 pada variabel MVE dan MVA yang menunjukkan bahwa hanya 41,2% dari variasi IOS yang dapat dijelaskan oleh variabel realisasi pertumbuhan, sedangkan sisanya sebesar 58.8 % dijelaskan oleh variabel lainnya. Sedangkan pada PER sebesar 33.5% dapat sijelaskan oleh variabel pertumbuhan perusahaan dan 66.5% dijelaskan oleh variabel lainnya. Kata Kunci : Pertumbuhan Aktiva, Pertumbuhan Ekuitas, Pertumbuhan Penjualan, Pertumbuhan Laba, dan Set Kesempatan Investasi (IOS).