@misc{eprints79671, month = {Nopember}, title = {ANALISIS DAMPAK EKONOMI PARIWISATA PULAU PAHAWANG TERHADAP MASYARAKAT SEKITAR}, author = { Amalia Shine Gelzilda}, address = {UNIVERSITAS LAMPUNG}, publisher = {FAKULTAS PERTANIAN}, year = {2020}, url = {http://digilib.unila.ac.id/79671/}, abstract = {Penelitian ini menggunakan metode studi kasus di Wisata Pulau Pahawang. Penelitian ini bertujuan untuk (1) Menganalisis dampak ekonomi yang ditimbulkan dari kegiatan wisata di Pulau Pahawang terhadap masyarakatnya (2) Mengetahui persepsi pengunjung terhadap wisata Pulau Pahawang. Penelitian ini melibatkan sampel sebanyak 35 orang pengunjung, 25 orang tenaga kerja, dan 48 orang pemilik unit usaha. Pengumpulan data dilaksanakan pada Bulan Agustus-September tahun 2019. Metode analisis data yang digunakan untuk menjawab tujuan satu adalah Efek Pengganda dengan dua tipe yaitu Keynesian Local Income Multiplier Effect, dan Ratio Income Multiplier. Metode analisis data yang digunakan untuk menjawab tujuan dua yaitu deskriptif kualitatif dengan alat bantu angket. Hasil penelitian menunjukan bahwa nilai dampak ekonomi yang diperoleh dari nilai Keynesian Income Multiplier yaitu sebesar 0,06, nilai Ratio Income Multiplier Tipe 1 sebesar 1,15, dan Ratio Income Multiplier Tipe 2 sebesar 1,23. Pengunjung wisata Pulau Pahawang berpendapat bahwa keadaan fasilitas wisata tergolong baik berdasarkan sarana prasarana, keamanan, kebersihan, panorama alam, sikap masyarakat lokal, pengelolaan objek wisata , dan aksesibilitas. Kata Kunci : dampak ekonomi, efek pengganda, Pulau Pahawang This research uses a case study method in Pahawang Island Tourism. The purpose of this study is to (1) analyze the economic impact of tourism activities on Pahawang Island on the community. (2) Determine visitors' perceptions of Pahawang Island tourism. This study involved a sample of 35 visitors, 25 workers, and 48 business unit owners. Data collection was carried out in August-September 2019. To answer the objective number one, this study use Keynesian Local Income Multiplier Effect, and the Income Ratio Multiplier. Objective number two is analyzed using descriptive qualitative with questionnaire tools. The study suggest that the value of the economic impact obtained from the Keynesian Income Multiplier was 0.06, the Income Multiplier Ratio Type 1was 1.15, and the Income Multiplier Ratio Type 2was 1.23. Pahawang Island tourism visitors is satisfied with the condition of tourist facilities such as infrastructure, security, cleanliness, natural scenery, attitudes of local communities, management of the site, and accessibility. Keywords: Economic Impact, Multiplier Effect, Pahawang Island.} }