title: PENGARUH GERAKAN LITERASI SEKOLAH DALAM BENTUK POJOK BACA TERHADAP MINAT BACA PESERTA DIDIK KELAS V SD NEGERI 1 METRO PUSAT creator: Rita , Septiana subject: 300 Ilmu sosial subject: 370 Pendidikan subject: 372 Pendidikan dasar description: Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya minat baca peserta didik kelas V SD Negeri 1 Metro Pusat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh antara gerakan literasi sekolah dalam bentuk pojok baca terhadap minat baca peserta didik. Jenis penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian kuantitatif dengan metode ex-post facto korelasional. Penelitian ini dilakukan di SD Negeri 1 Metro Pusat. Populasi berjumlah 106 orang peserta didik dan sampel penelitian yaitu 83 orang peserta didik. Teknik pengambilan sampel menggunakan random sampling. Teknik pengumpulan data yaitu melalui kuesioner, observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Instrumen pengumpulan data berupa angket dengan skala likert, yang sebelumnya diuji validitas dan reliabilitas. Analisis data menggunakan uji regresi linier sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh antara gerakan literasi sekolah dalam bentuk pojok baca terhadap minat baca peserta didik kelas V SD Negeri 1 Metro Pusat ditunjukkan dengan kontribusi variabel sebesar 29,27% dan 70,73% sisanya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Kata kunci: gerakan literasi sekolah, minat baca, pojok baca publisher: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan date: 2024-02-26 type: Skripsi type: NonPeerReviewed format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/79672/1/ABSTRAK%20.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/79672/2/Skripsi%20Full.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/79672/3/Skripsi%20Full%20Tanpa%20BAB%20Pembahasan.pdf identifier: Rita , Septiana (2024) PENGARUH GERAKAN LITERASI SEKOLAH DALAM BENTUK POJOK BACA TERHADAP MINAT BACA PESERTA DIDIK KELAS V SD NEGERI 1 METRO PUSAT. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lampung. relation: http://digilib.unila.ac.id/79672/