%A ARDI HANJAYA RICO %T FAKTOR-FAKTOR YANG MEMENGARUHI MOTIVASI BERPRESTASI DAN PROKRASTINASI DALAM PENYUSUNAN SKRIPSI MAHASISWA JURUSAN ILMU PENDIDIKAN FKIP UNIVERSITAS LAMPUNG %X Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya motivasi berprestasi dan tingginya tingkat prokrastinasi dalam penyusunan skripsi pada mahasiswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor-faktor yang memengaruhi motivasi berprestasi dan prokrastinasi dalam penyusunan skripsi pada mahasiswa Jurusan Ilmu Pendidikan FKIP Universitas Lampung. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara semi terstruktur. Data diambil dari 8 mahasiswa aktif Universitas Lampung dengan tujuan sebagai representasi program studi, mengidentifikasi variabilitas faktor-faktor pendukung dan penghambat, mencapai representasi yang seimbang, dan memahami keterbatasan riset. Penelitian ini menggunakan metode purposive sampling dan dianalisis menggunakan perangkat lunak ATLAS.ti 9. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa faktor yang paling memengaruhi motivasi berprestasi dalam penyusunan skripsi didominasi oleh berbagai aspek coping skripsi berupa mencari lingkungan yang nyaman dan melakukan refleksi diri. Motivasi intrinsik berupa tanggung jawab dan keinginan untuk segera lulus, serta revisi dan pengoreksian berupa respons positif terhadap proses revisi. Sementara itu, motivasi ekstrinsik berupa termanifestasi oleh kemajuan teman sejawat dan dorongan lingkungan sosial. Faktor yang memengaruhi prokrastinasi penyusunan skripsi didominasi oleh kepercayaan tentang kemampuan, berupa ketidakpastian dan kurang keyakinan pada diri sendiri. Manajemen waktu dipengaruhi oleh hambatan jadwal dalam bertemu dengan dosen, sedangkan aspek gangguan berasal dari distraksi smartphone atau media sosial. Kemudian dilanjutkan dengan faktor sosial, malas, hambatan komunikasi, konsistensi metode penghitungan, kesiapan emosionl, hambatan lokasi, dan hambatan administratif. %C UNIVERSITAS LAMPUNG %D 2024 %I FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN %L eprints79697