%0 Generic %A JESICA , MANTOVANY %C UNIVERSITAS LAMPUNG %D 2023 %F eprints:79701 %I FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK %T PENGARUH IKLAN LAYANAN MASYARAKAT DI INDOSIAR TENTANG HOAKS TERHADAP PEMBENTUKAN SIKAP MAHASISWA FISIP UNIVERSITAS LAMPUNG ATAS INFORMASI YANG BEREDAR DI MEDIA SOSIAL %U http://digilib.unila.ac.id/79701/ %X Tujuan dilakukan penelitian ini yakni untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh iklan layanan masyarakat oleh Indosiar tentang informasi hoaks terhadap pembentukan sikap Mahasiswa FISIP Universitas Lampung. Jenis penelitian yang digunakan yakni penelitian desktiptif dengan pendekatan kuantitatif. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini yakni mahasiswa Fisip Universitas Lampung dengan didapatkan sampel penelitian yakni sebanyak 100 responden. Uji instrumen penelitian menggunakan uji validitas dan uji reliabilitas. Uji Analisis data menggunakan uji normalitas, uji homogenitas dan uji manova. Berdasarkan hasil uji hipotesis Wilk’s Lambda pada penelitian didapatkan hasil nilai signifikansi pada ketiga hipotesis sebesar 0,000, dimana hasil tersebut menunjukkan bahwa Iklan layanan masyarakat yang ditayangkan oleh Indosiar tentang hoaks berpengaruh positif terhadap pembentukan sikap aspek kognitif, afektif dan konatif mahasiswa sehingga ketiga hipotesis diterima. Kata Kunci : Iklan Layanan Masyarakat, Informasi Hoaks, Pembentukan Sikap