?url_ver=Z39.88-2004&rft_val_fmt=info%3Aofi%2Ffmt%3Akev%3Amtx%3Adc&rft.title=ANALISIS+KEMAMPUAN+PESERTA+DIDIK+DALAM+MEMBACAA+PERMULAAN+DI+KELAS+RENDAH+SD+NEGERI+1+TELOGOREJO&rft.creator=JEPLIN%2C+.&rft.subject=400+Bahasa&rft.subject=402+Aneka+ragam+tentang+ilmu+bahasa&rft.subject=404+Topik+khusus+bahasa&rft.subject=407+Pendidikan%2C+riset+dan+topik+terkait+tentang+Bahasa&rft.subject=408+Kelompok+orang&rft.subject=410+Linguistik&rft.description=Kurangnya+kemampuan+membaca+permulaan+peserta+didik+kelas+rendah+SD+Negeriku+1+Telogorejo+menjadi+kendala+bagi+pendidik+pada+saat+melaksanakan+kegiatan+pembelajaran.+Padahal+membaca+permulaan+merupakan+kemampuan+dasar+peserta+didik+untuk+memperoleh+keberhasilan+belajar+di+sekolah+dasar+dan+sebagai+%0D%0Aalat+bagi+peserta+didik+untuk+mengetahui+makna+dari+setiap+pembelajaran+yang+dipelajari+di+sekolah.+Penelitian+ini+bertujuan+untuk+menganalisis+kemampuan+%0D%0Apeserta+didik+dalam+membaca+permulaan+di+kelas+rendah+SD+Negeri+1+Telogorejo.%0D%0AMetode+yang+digunakan+dalam+penelitian+ini+menggunakan+purposive+sampling+yaitu+dipilih+dengan+pertimbangan+dan+tujuan+tertentu.Penelitian+ini+menggunakan+jenis+penelitian+deskriptif+dengan+pendekatan+kualitatif.+Peserta+didik+kelas+rendah+yang+menjadi+sampel+sebanyak+53+peserta+didik.+Pengumpulan+data+menggunakan+teknik+tes+Early+Grade+Reading+Assessment+(EGRA)%2C+observasi%2C+wawancara+dan+dokumentasi.+Analisis+data+menggunakan+analisis+non-statistik.%0D%0AHasil+penelitian+ini+menunjukkan+bahwa+kemampuan+membaca+permulaan+setiap+peserta+didik+kelas+rendah+SD+Negeri+1+Telogorejo+berbeda-beda+yang+dibedakan+berdasarkan+aspek+penilaian+instrumen+penelitian+Early+Grade+Reading+Assessment+(EGRA).+Setiap+aspek+kemampuan+membaca+saling+berkaitan+dan+memengaruhi+aspek+membaca+yang+lain+yang+dimiliki+peserta+didik.+Kemampuan+pada+aspek+mengenal+huruf+akan+mempengaruhi+aspek+membaca+kata+bermakna%2C+kemampuan+pada+aspek+membaca+kata+bermakna+dan+aspek+membaca+kata+tidak+%0D%0Abermakna+menjadi+indikator+ketercapaian+kemampuan+pada+aspek+membaca+nyaring+dan+memahami+bacaan.+Begitu+pula+dengan+aspek+memahami+bacaan+yang+berpengaruh+dengan+indikator+ketercapaian+kemampuan+pada+aspek+menyimak.&rft.publisher=Ilmu+Pendidikan+&rft.date=2024-01-25&rft.type=Skripsi&rft.type=NonPeerReviewed&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F79735%2F1%2FABSTRAK.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F79735%2F2%2FSKRIPSI%2520JEPLIN%25201913053095_Analisis%2520Kemampuan%2520Peserta%2520Didik%2520Dalam%2520Membaca%2520Permulaan%2520Kelas%2520Rendah.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F79735%2F3%2FFULL%2520SKRIPSI%2520.pdf&rft.identifier=++JEPLIN%2C+.++(2024)+ANALISIS+KEMAMPUAN+PESERTA+DIDIK+DALAM+MEMBACAA+PERMULAAN+DI+KELAS+RENDAH+SD+NEGERI+1+TELOGOREJO.++Ilmu+Pendidikan+%2C+Universitas+Lampung+.+++++&rft.relation=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F79735%2F