TY - GEN CY - Universitas Lampung ID - eprints79772 UR - http://digilib.unila.ac.id/79772/ A1 - SHERLY, IKA SAVITRI Y1 - 2024/03/14/ N2 - Masalah dalam penelitian ini kemampuan berpikir kritis peserta didik yang masih rendah dan belum tersedia LKPD yang disusun sendiri oleh pendidik dalam memenuhi kebutuhan belajar peserta didik. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis (1) proses pengembangan LKPD berbasis aplikasi Canva, (2) mengetahui efektivitas penggunaan LKPD berbasis aplikasi Canva, dan (3) menganalisis kemenarikan LKPD berbasis aplikasi Canva dalam menstimulasi kemampuan berpikir kritis peserta didik. Metode yang digunakan adalah Research and Development (RnD). Populasi penelitian ini berjumlah 22 orang peserta didik kelas V SD Negeri 4 Gadingrejo Kabupaten Pringsewu. LKPD berbasis aplikasi Canva dilakukan uji ahli pakar materi, media, dan desain. Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) pengembangan bahan ajar LKPD dilakukan karena kurangnya sumber belajar dan belum adanya LKPD yang disusun sendiri oleh pendidik, (2) efektivitas LKPD memiliki tingkat keefektifan dengan kategori cukup efektif dengan nilai rata-rata 0,46 serta efisiensi waktu yang digunakan 90 menit untuk 1 kali pertemuan dan LKPD berbasis aplikasi Canva memiliki cukup pengaruh pada kemampuan berpikir kritis peserta didik dengan perubahan hasil belajar sebelum dan sesudah menggunakan LKPD, (3) kemenarikan bahan ajar LKPD memiliki klasifikasi sangat mudah dengan tingkat kemenarikan yaitu menarik diperoleh persentase 89,07%. Kata kunci: aplikasi canva, berpikir kritis, lembar kerja peserta didik PB - Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan TI - PENGEMBANGAN LKPD BERBASIS APLIKASI CANVA DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK SD NEGERI AV - restricted ER -