%A Ningsih Agustin Setia %T STRATEGI PEMASARAN KUE SEMPRONG HANURA (Studi Kasus di UMKM Kue Semprong Hanura Desa Hanura Pesawaran) %X The UMKM Kue Semprong Hanura is located in Pesawaran Regency, Lampung. This Semprong cake is known as "Kue Semprong Hanura." Semprong cake is shaped like a long cylinder, resembling a pipe, with a distinctive and unique flavor. Issues faced by the UMKM Kue Semprong Hanura have prompted research aimed at determining suitable marketing activities. The SWOT and QSPM methods will be used to identify the weight and rating of each issue to determine the appropriate strategy.The goal of this research is to analyze marketing strategies based on the SWOT Matrix and QSPM. The SWOT Matrix is used to identify internal and external factors, including IFE and EFE matrices, determining the position matrix, SWOT matrix diagram, and QSPM analysis. The research results indicate that the greatest strength is having the PIRT permit, while the major weakness is limited capital. The main opportunity is the potential loyalty of dedicated customers, while the most significant threat is the presence of competition from more innovative cake products in terms of flavors and packaging.Based on the research results, the most suitable alternative marketing strategy is the S-O Strategy (Strengths- Opportunities). This strategy utilizes strengths to exploit existing opportunities, resulting in the best strategy recommendations. The QSPM value for the obtained strategy is 9.27, focusing on updating the PIRT and halal certification as the main strengths of the business, improving promotional and sales media through social media and shopping platforms, enhancing the quality and quantity of products from raw materials to appealing consumer-friendly products, and reducing dependence on distributors Keywords: UMKM, Pesawaran, Semprong Cake, SWOT, and QSPM UMKM Kue Semprong Hanura terletak di Kabupaten Pesawaran, Lampung. Kue Semprong ini diikenal dengan nama "Kue Semprong Hanura". Kue semprong berbentuk silinder panjang seperti pipa dengan rasa yang khas dan unik. Adanya permasalahan pada UMKM Kue Semprong Hanura mendasari penelitan untuk menerapkan kegiatan pemasaran yang cocok untuk diterapkan. Dengan menggunakan metode SWOT dan QSPM yang kemudian akan ditentukan bobot dan rating dari masing-masing permasalahan guna menentukkan strategi yang tepat. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis strategi pemasaran berdasarkan Matriks SWOT dan QSPM. Matriks SWOT adalah matriks yang digunakan untuk mengidentifikasi faktor internal dan eksternal, dengan matriks IFE dan EFE, penentuan matriks posisi, dan diagram matriks SWOT, serta menganalisis QSPM. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa kekuatan terbesar yaitu memiliki perizinan PIRT, sedangkan kelemahan terbesar adalah modal usaha terbatas. Peluang utamanya yaitu potensi loyalitas pelanggan setia, sedangkan ancaman terbesar adalah adanya persaingan produk kue yang lebih inovatif dari varian rasa dan kemasan. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa alternatif strategi pemasaran yang tepat adalah strategi S-O Strength (kekuatan) ? Opportunity (Peluang). Strategi ini menggunakan kekuatan untuk memanfaatkan peluang yang ada dengan menghasilkan rekomendasi strategi terbaik. Nilai QSPM dari Strategi yang didapatkan terdapat pada dengan skor 9,27, yakni dengan memperbarui PIRT dan sertifikat halal sebagai kekuatan utama berdirinya usaha, serta meningkatkan media promosi dan penjualan dengan media sosial dan platform belanja, meningkatkan kualitas dan kuantitas produk dari bahan baku hingga sampai menjadi produk yang dapat disukai dan menarik konsumen serta agar tidak terlalu bergantung pada distributor. Kata Kunci: UMKM, Pesawaran, Kue Semprong, SWOT, dan QSPM %D 2024 %C UNIVERSITAS LAMPUNG %R 1914231013 %I FAKULTAS PERTANIAN %L eprints79783