creators_name: Arum Candani , Kinasih creators_id: 2014151006 type: other datestamp: 2024-03-26 07:50:01 lastmod: 2024-03-26 07:50:01 metadata_visibility: show title: ANALISIS PUSH FACTOR DAN PULL FACTOR DESTINASI WISATA AIR TERJUN WAY LALAAN BERDASARKAN PERSEPSI WISATAWAN PENGELOLA DAN MASYARAKAT ispublished: pub subjects: 001 subjects: 500 subjects: 580 full_text_status: restricted abstract: Usaha dalam memahami perasaan dan kepuasaan pengunjung terhadap suatu objek wisata dapat diukur menggunakan persepsi. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis persepsi wisatawan dan masyarakat terhadap objek wisata ditinjau dari segi push factor (faktor pendorong) dan pull factor (faktor penarik), mengetahui persepsi pengelola terhadap objek wisata dan upaya konservasi yang dilakukan oleh wisatawan dan masyarakat terhadap objek wisata air terjun Way Lalaan. Penelitian ini dilakukan pada bulan September sampai November 2024. Pengumpulan data menggunakan metode survei langsung dan wawancara dengan bantuan kuesioner. Jumlah responden yang diambil sebanyak 70 orang dengan sampel masyarakat ditentukan menggunakan persamaan slovin (batas eror 15%) dan pemilihan responden menggunakan metode random sampling. Pada sampel wisatawan digunakan metode Quota Sampling dengan responden sebanyak 30 orang. Data yang diperoleh kemudian dianalisis menggunakan Skala Likert dan diuraikan secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persepsi wisatawan dan masyarakat terhadap push factor yang terdiri dari aspek relaksasi (baik), petualangan (menyenangkan), informasi (memadai), prestige (tinggi). Sedangkan persepsi wisatawan dan masyarakat terhadap pull factor yang meliputi karakteristik alam (baik), fasilitas (baik), akomodasi (kurang memadai) dan personalia (baik). Pada upaya konservasi wisatawan dan masyarakat setuju upaya konservasi perlu dilakukan untuk menjaga keasrian objek wisata air terjun. Dalam pengembangan dan pembangunan objek wisata meliputi infrastruktur dan fasilitas berada pada naungan pemerintah daerah sedangkan pengelolalannya dilakukan oleh dinas pariwisata kabupaten Tanggamus dan dibantu oleh POKDARWIS. Sehingga secara keseluruhan persepsi wisatawan dan masyarakat terhadap objek wisata air terjun Way Lalaan tergolong baik. Kata Kunci : Persepsi, Wisatawan, Pengelola, Masyarakat, Objek Wisata, Push Factor, Pull Factor, Air terjun, Way Lalaan. Efforts to understand the feelings and satisfaction of visitors to a tourist attraction can be measured using perception. This study aims to analyze the perceptions of tourists and the community towards attractions in terms of push factors and pull factors, knowing the manager's perception of attractions and conservation efforts made by tourists and the community towards Way Lalaan waterfall attractions. This research was conducted from September to November 2024. Data collection using direct survey methods and interviews with the help of questionnaires. The number of respondents taken was 70 people with a community sample determined using the Slovin equation (15% error limit) and the selection of respondents using the random sampling method. In the tourist sample, the Quota Sampling method was used with 30 respondents. The data obtained were then analyzed using a Likert Scale and described descriptively. The results showed that the perception of tourists and the public towards push factors consisting of aspects of relaxation (good), adventure (fun), information (adequate), prestige (high). While the perception of tourists and the public towards pull factors which include natural characteristics (good), facilities (good), accommodation (inadequate) and personnel (good). In conservation efforts, tourists and the community agree that conservation efforts need to be done to maintain the beauty of the waterfall tourist attraction. In the development and construction of tourist attractions, including infrastructure and facilities, it is in the hands of the local government, while the management is carried out by the Tanggamus district tourism office and assisted by POKDARWIS. So that the overall perception of tourists and the community towards the Way Lalaan waterfall tourist attraction is classified as good. Keywords : Perception, Tourist, Manager, Community, Tourism Object, Push Factor, Pull Factor, Waterfall, Way Lalaan. date: 2024-02-12 date_type: published publisher: FAKULTAS PERTANIAN place_of_pub: UNIVERSITAS LAMPUNG id_number: 2014151006 citation: Arum Candani , Kinasih (2024) ANALISIS PUSH FACTOR DAN PULL FACTOR DESTINASI WISATA AIR TERJUN WAY LALAAN BERDASARKAN PERSEPSI WISATAWAN PENGELOLA DAN MASYARAKAT. FAKULTAS PERTANIAN, UNIVERSITAS LAMPUNG. document_url: http://digilib.unila.ac.id/79805/1/ABSTRAK.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/79805/2/SKRIPSI%20FULL.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/79805/3/SKRIPSI%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf