%0 Generic %A Nola , Mardiah %C Universitas Lampung %D 2024 %F eprints:79831 %I Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan %T PENGARUH PEMBELAJARAN IPAS BERBASIS EXPERIENTIAL LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS V SD NEGERI 2 TANJUNG SENANG %U http://digilib.unila.ac.id/79831/ %X Permasalahan dalam penelitian ini yaitu pada rendahnya hasil belajar IPAS peserta didik kelas V di SD Negeri 2 Tanjung Senang. Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh dari implementasi pembelajaran IPAS berbasis Experiential Learning terhadap hasil belajar peserta didik kelas V SD Negeri 2 Tanjung Senang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode quasi eksperimen dengan desain one group pretest and posttest design. Populasi penelitian ini adalah peserta didik kelas VA, VB, VC yang berjumlah 89 peserta didik kemudian dipilih sampel sebanyak 29 peserta didik menggunakan teknik purposive sampling dengan pertimbangan hasil belajar semester ganjil (PTS) tahun ajaran 2023/2024 yang paling rendah. Analisis data penelitian menggunakan regresi linear sederhana. Berdasarkan hasil observasi aktivitas peserta didik ketika diberikan perlakuan dan analisis data penelitian, didapatkan nilai thitung ˃ ttabel dengan interpretasi bahwa ha diterima dan h0 ditolak yang berarti bahwa terdapat pengaruh pembelajaran IPAS berbasis Experiential Learning terhadap hasil belajar peserta didik kelas V SD Negeri 2 Tanjung Senang. Kata kunci: experiential learning, hasil belajar, mata pelajaran IPAS