?url_ver=Z39.88-2004&rft_val_fmt=info%3Aofi%2Ffmt%3Akev%3Amtx%3Adc&rft.title=PENERAPAN+MODEL+PEMBELAJARAN+PROJECT+CITIZEN%0D%0ATERHADAP+CIVIC+SKILL+PESERTA+DIDIK+KELAS+XI%0D%0ASMAN+14+BANDARLAMPUNG&rft.creator=REDO%2C+-&rft.subject=607+Pendidikan%2C+riset%2C+topik+terkait&rft.description=Pembelajaran+yang+terfokus+pada+teori+dan+kurang+interaktif+dapat+menghambat%0D%0Apengembangan+keterampilan+kewarganegaraan+peserta+didik.+Diperlukan%0D%0Apendekatan+inovatif%2C+seperti+model+pembelajaran+project+citizen%2C+untuk%0D%0Ameningkatkan+keterlibatan+peserta+didik%2C+mengembangkan+civic+skill%2C+dan%0D%0Amemahami+isu+kewarganegaraan+dalam+konteks+nyata.+Tujuan+dari+dilakukan%0D%0Apenelitian+ini+adalah+untuk+mengetahui+Pengaruh+Penerapan+Model+Pembelajaran%0D%0AProject+Citizen+Terhadap+Civic+Skill+Peserta+Didik+Kelas+XI+SMAN+14%0D%0ABandarlmpung.+Metode+penelitian+ini+adalah+kuasi+eksperimen+dengan+pendekatan%0D%0Akuantitatif.+Subjek+penelitian+ini+adalah+peserta+didik+kelas+XI+di+SMAN+14%0D%0ABandarlampung.+Sampel+dalam+penelitian+ini+berjumlah+68+responden+yang+terdiri%0D%0Adari+34+responden+kelas+eksperimen+dan+34+responden+kelas+kontrol.+Teknik%0D%0Aperhitungan+data+menggunakan+bantuan+microsoft+excel+dan+SPSS+versi+25.%0D%0ABerdasarkan+hasil+perhitungan+uji+Independent+Sample+T-test+pada+penelitian+ini%0D%0Aditemukan+perbedaan+antara+kelas+eksperimen+dan+kelas+kontrol.+Kelas+eksperimen%0D%0Ayang+menerapkan+model+pembelajaran+project+citizen+menunjukkan+efisiensi+yang%0D%0Acukup+tinggi%2C+N-Gain+Score+keterampilan+intelektual+sebesar+59%2C82%25%2C+sedangkan%0D%0Akelas+kontrol+yang+menggunakan+model+diskusi+hanya+mencapai+40%2C40%25.+Mengenai%0D%0Aketerampilan+partisipasi%2C+hasil+observasi+menunjukkan+peserta+didik+aktif+di+kelas%0D%0Aeksperimen+sebesar+81%2C9%25+dengan+kategori+sangat+aktif%2C+sedangkan+di+kelas+kontrol%0D%0Asebesar+70%2C35%25+termasuk+kategori+aktif.+Analisis+perbedaan+rata-rata+skor+tes+essay%0D%0Adan+skor+observasi+antara+kedua+kelas+juga+menunjukkan+perbedaan+yang%0D%0Asignifikan.+Kesimpulannya+dapat+dikatakan+bahwa+penerapan+model+pembelajaran%0D%0Aproject+citizen+memberikan+kontribusi+yang+signifikan+terhadap+pengembangan%0D%0Aketerampilan+kewarganegaraan+siswa+kelas+XI+SMAN+14+Bandarlampung%0D%0Adibandingkan+dengan+kelas+kontrol+yang+tidak+menggunakan+model+pembelajaran%0D%0Aproject+citizen.%0D%0AKata+Kunci%3A+Model+Pembelajaran%2C+Project+Citizen%2C+Civic+Skill%2C+Eksperimen%2C%0D%0AKontrol&rft.publisher=FAKULTAS+KEGURUAN+DAN+ILMU+PENDIDIKAN&rft.date=2024-02-15&rft.type=Skripsi&rft.type=NonPeerReviewed&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F79845%2F1%2F1.%2520ABSTRAK-ABSTRACT.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F79845%2F2%2F2.%2520SKRIPSI%2520FULL.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F79845%2F3%2F3.%2520SKRIPSI%2520TANPA%2520BAB%2520PEMBAHASAN.pdf&rft.identifier=++REDO%2C+-++(2024)+PENERAPAN+MODEL+PEMBELAJARAN+PROJECT+CITIZEN+TERHADAP+CIVIC+SKILL+PESERTA+DIDIK+KELAS+XI+SMAN+14+BANDARLAMPUNG.++FAKULTAS+KEGURUAN+DAN+ILMU+PENDIDIKAN%2C+UNIVERSITAS+LAMPUNG.+++++&rft.relation=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F79845%2F