TY - GEN CY - Universitas Lampung ID - eprints79868 UR - http://digilib.unila.ac.id/79868/ A1 - Syella , Nevliyanti Y1 - 2023/12/21/ N2 - Jenis penelitian yang digunakan adalah Quasi Experimental. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik SDN 1 Hajimena, dengan sampel kelas VA sebagai kelas eksperimen dan kelas VC sebagai kelas kontrol. Total sampel 50 peserta didik. Hasil analisis data menunjukan bahwa ada perbedaan hasil belajar IPA antara peserta didik yang mengikuti pembelajaran dengan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD dan peserta didik yang mengikuti Pembelajaran dengan Model konvensional; dalam hal ini hasil belajar IPA peserta didik yang mengikuti pembelajaran Koopertif Tipe STAD lebih tinggi dari peserta didik yang mengikuti Pembelajaran Konvensional. Sehingga dapat disimpulkan bahwa Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD berpengaruh terhadap hasil belajar IPA peserta didik SDN 1 Hajimena. Kata kunci : hasil belajar ipa, model pembelajaran kooperatif stad PB - Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan TI - PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD TERHADAP HASIL BELAJAR IPA DI SEKOLAH DASAR NEGERI I HAJIMENA AV - restricted ER -