%A 0813056117 Retno Handayani %T PENGGUNAAN ALAT PERAGA MAGNET UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN ALAM SISWA KELAS V SD NEGERI 2 MARGAAGUNG %X ABSTRAK Penerapan pembelajaran IPA menggunakan metode ceramah masih dominan di SD Negeri 2 Margaagung. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar Ilmu Pengetahuan Alam melalui penggunaan alat peraga magnet. Metode penelitian ini, menggunakan metode penelitian tindakan kelas. Prosedur penelitian berbentuk siklus. Penelitian tindakan kelas ini terdiri dari dua siklus. Teknik pengumpulan data dalam e-TA ini digunakan dengan instrument berupa lembar pengamatan observasi siswa dan kinerja guru dalam proses pembelajaran, sedangkan untuk mengetahui kualitas hasi belajar siswa digunakan lembar evaluasi. Langkah-langkah pembelajaran IPA menggunakan alat peraga magnet adalah sebagai berikut: (1) Melakukan percobaan yang menunjukkan adanya gaya magnet; (2) Menyimpulkan bahwa gaya magnet dapat menarik benda-benda yang terbuat dari besi atau baja; (3) Menyebutkan kegunaan magnet dalam kehidupan sehari-hari; (4) Mengetahui macam-macam bentuk magnet; (5) Menunjukkan arah utara dan selatan menggunakan magnet; (6) Melakukan percobaan untuk menunjukkan adanya gaya elektromagnetik; (7) Menyimpulkan bahwa gaya elektromagnetik dapat menarik benda-benda tertentu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan alat peraga magnet dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPA siswa. Hal ini ditunjukkan berdasarkan ketuntasan hasil belajar pada siklus satu 61,7% dengan kategori cukup aktif meningkat menjadi 82,6% dengan kategori aktif pada akhir siklus dua. Kata kunci: alat peraga, hasil belajar, dan aktivitas belajar. %C Universitas Lampung %D 2014 %I Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan %L eprints7990