%A SEPTIYANI PUTRI BELLA %T PENGARUH PENGETAHUAN KEWIRAUSAHAAN, E-COMMERCE, DAN MINAT BERWIRAUSAHA TERHADAP MOTIVASI BERWIRAUSAHA PADA MAHASISWA JURUSAN PENDIDIKAN IPS FKIP UNIVERSITAS LAMPUNG %X Tujuan dari adanya penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh dari variabel pengetahuan kewirausahaan, e-commerce, dan minat berwirausaha terhadap motivasi berwirausaha pada Mahasiswa Jurusan Pendidikan IPS FKIP Universitas Lampung. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode penelitian deskriptif verifikatif dengan pendekatan ex post facto juga survey. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 293 mahasiswa aktif Jurusan Pendidikan IPS FKIP Universitas Lampung Angkatan 2020. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah probability sampling dengan menggunakan teknik simple random sampling yang berjumlah 169 mahasiswa berdasarkan perhitungan dengan menggunakan rumus slovin. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dan dokumentasi. Pengujian hipotesis secara parsial dilakukan dengan uji regresi linear sederhana atau melalui uji t dan pengujian secara simultan dilakukan dengan menggunakan uji regresi linear berganda atau melalui uji F. Hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh baik secara parsial maupun simultan antara pengetahuan kewirausahaan, e-commerce, dan minat berwirausaha terhadap motivasi berwirausaha pada Mahasiswa Jurusan Pendidikan IPS FKIP Universitas Lampung. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis, diperoleh Fhitung = 31,572 dan Ftabel = 2,66 yang berarti bahwa Fhitung > Ftabel dengan kadar determinasi sebesar 0,365 atau 36,5%, dan sisanya 63,5% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Kata Kunci: Pengetahuan Kewirausahaan, E-commerce, Minat Berwirausaha, dan Motivasi Berwirausaha %C UNIVERSITAS LAMPUNG %D 2024 %I FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN %L eprints79985