title: STUDI PERBANDINGAN HASIL BELAJAR IPS TERPADU DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS ANTARA MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TWO STAY TWO STRAY (TSTS) DENGAN TIPE GROUP INVESTIGATION (GI) SISWA KELAS VIII SMP MUHAMMADIYAH 1 TULANG BAWANG TENGAH TAHUN PELAJARAN 2014/2015 creator: Leni Widiawati, 1113031044 subject: LB Theory and practice of education description: ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TSTS dengan GI terhadap hasil belajar IPS Terpadu dan kemampuan berpikir kritis siswa. Metode yang digunakan adalah penelitian eksperimen dengan pendekatan komparatif. Populasi penelitian meliputi seluruh siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 1 Tulang Bawang Tengah pada semester ganjil tahun pelajaran 2014/2015. Teknik sampling menggunakan cluster random sampling dan diperoleh kelas VIIIB sebagai kelas eksperimen yang menggunakan model pembelajaran TSTS sedangkan kelas VIIIA sebagai kelas kontrol yang menggunakan model pembelajaran GI. Pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dokumentasi dan tes. Pengujian hipotesis menggunakan rumus t-test dua sampel independen. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata hasil belajar IPS Terpadu siswa yang pembelajarannya menggunakan model pembelajaran TSTS lebih tinggi dibandingkan siswa yang pembelajarannya menggunakan model pembelajaran GI. Hal tersebut dibuktikan dengan nilai thitung (0,564) < ttabel (1,671) dan nilai Sig 0,575 > 0,05 serta ditunjukkan dengan nilai rata-rata hasil belajar menggunakan model TSTS 80,322 dengan peningkatan 27,903 dan model GI 78,5 dengan peningkatan 25,5. Sedangkan rata-rata kemampuan berpikir kritis siswa yang pembelajarannya menggunakan model pembelajaran TSTS lebih tinggi dibandingkan siswa yang pembelajarannya menggunakan model pembelajaran GI. Hal tersebut dibuktikan dengan nilai thitung (1,190) < ttabel (1,671) dan nilai Sig 0,239 > 0,05 serta ditunjukkan dengan nilai rata-rata kemampuan berpikir kritis menggunakan model TSTS 82,451 dengan peningkatan 21,193 dan kemampuan berpikir kritis menggunakan model GI 77,5 dengan peningkatan 20,3. Kata kunci: berpikir kritis, hasil belajar, model pembelajaran GI dan TSTS publisher: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan date: 2015-02-26 type: Skripsi type: NonPeerReviewed format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/8005/1/ABSTRAK.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/8005/2/COVER%20DALAM.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/8005/3/HALAMAN%20PERSETUJUAN.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/8005/4/HALAMAN%20PENGESAHAN.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/8005/5/PERNYATAAN.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/8005/6/RIWAYAT%20HIDUP.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/8005/7/PERSEMBAHAN.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/8005/8/MOTTO.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/8005/9/SANWACANA.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/8005/10/DAFTAR%20ISI.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/8005/11/DAFTAR%20TABEL.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/8005/12/DAFTAR%20LAMPIRAN.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/8005/13/DAFTAR%20GAMBAR.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/8005/14/DAFTAR%20GRAFIK.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/8005/15/BAB%20I.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/8005/16/BAB%20II.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/8005/116/BAB%20III.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/8005/18/BAB%20IV.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/8005/19/BAB%20V.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/8005/20/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf identifier: Leni Widiawati, 1113031044 (2015) STUDI PERBANDINGAN HASIL BELAJAR IPS TERPADU DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS ANTARA MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TWO STAY TWO STRAY (TSTS) DENGAN TIPE GROUP INVESTIGATION (GI) SISWA KELAS VIII SMP MUHAMMADIYAH 1 TULANG BAWANG TENGAH TAHUN PELAJARAN 2014/2015. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, UNIVERSITAS LAMPUNG. relation: http://digilib.unila.ac.id/8005/