%A CINTIA TRI UTAMI 0911011138 %J Digital Library %T ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI UNDERPRICING PADA PENAWARAN UMUM PERDANA (Studi Kasus Pada Perusahaan Yang Go Public Di Bursa Efek Indonesia Tahun 2006-2011) %X Abstrak Kegiatan perusahaan untuk menjual sahamnya kepada publik melalui pasar modal untuk pertama kalinya disebut sebagai penawaran umum perdana atau yang dikenal sebagai Initial Public Offering (IPO) diharapkan akan berakibat pada membaiknya prospek perusahaan yang terjadi karena ekspansi yang akan dilakukan. Masalah yang seringkali timbul dari kegiatan IPO adalah terjadinya underpricing yang menunjukkan bahwa sebenarnya harga saham pada waktu penawaran perdana relatif lebih rendah dibanding pada saat diperdagangkan di pasar sekunder. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis variabel-variabel yang mempengaruhi terjadinya underpricing di bursa efek Indonesia untuk periode 2006-2011. FaKtor-faktor tersebut adalah Debt to Equity Rasio, Return On Assets, Earning per Share, Umur perusahaan, Ukuran Perusahaan, Prosentase Penawaran Saham. Pada periode tersebut terdapat 44 perusahaan yang dapat digunakan dalam penelitian ini. Penelitian ini mengunakan regresi berganda. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh dari variable Debt to Equity Rasio, Return On Assets, Earning Per Share, Umur perusahaan, Ukuran perusahaan, dan Prosentase Penawaran Saham terhadap tingkat underpricing. Hasil analisis regresi secara parsial menunjukan bahwa hasil variabel Debt to Equity Rasio, Return On Assets, Earning per Share, Umur perusahaan, Ukuran Perusahaan, Prosentase Penawaran Saham tidak berpengaruh secara signifikan tehadap underpricing. Sedangkan variabel Reputasi Underwriter berpengaruh secara signifikan terhadap underpricing. Kata kunci : Underpricing, Debt to Equity Rasio, Return On Assets, Earning per Share, Reputasi Underwriter, Umur perusahaan, Ukuran Perusahaan, dan Prosentase Penawaran Saham. %D 2013 %L eprints8010