creators_name: 0911011159, RESTY ISMILYA type: other datestamp: 2015-04-08 02:04:36 lastmod: 2015-10-20 07:49:13 metadata_visibility: show title: FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI LOYALITAS PEMEGANG KARTU KREDIT BANK RAKYAT INDONESIA DI BANDAR LAMPUNG ispublished: pub subjects: General full_text_status: restricted abstract: Abstrak Banyaknya manfaat yang diberikan kartu kredit, dewasa ini pengguna kartu kredit semakin meningkat jumlahnya. Jasa kartu kredit ini dirasakan sebagai bisnis yang potensial dan menghasilkan margin yang menguntungkan. Karena itu banyak perusahaan dibidang perbankan terjun kedalam bisnis penyedia jasa kartu kredit. Terdapat beberapa perbankan yang merambah bisnis kartu kredit dan menerbitkan kartu kredit terbanyak hingga Februari 2011, antara lain Mandiri (2 juta kartu), BNI (1,6 juta kartu), Citibank (1,5 juta kartu), CIMB Niaga (1 juta kartu) dan BRI (850 ribu). Penelitian ini dilakukan pada pengguna kartu kredit BRI di Bandar Lampung. Masalah yang dihadapi adalah persaingan yang tinggi antar penyedia jasa kartu kredit, sehingga menyebabkan jumlah target yang ditetapkan oleh BRI belum bisa tercapai. Permasalahan penelitian ini adalah Apakah pemenuhan persepsi pelanggan, kualitas produk, dan kepuasan pelanggan berpengaruh secara parsial maupun simultan terhadap loyalitas pelanggan pada pengguna kartu kredit PT. BRI di Bandar Lampung. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui pengaruh faktor persepsi pelanggan, kualitas produk, dan kepuasan pelanggan terhadap loyalitas pengguna kartu kredit dari BRI di Bandar Lampung. Hipotesis pada penelitian ini adalah Persepsi pelanggan, Kualitas produk dan Kepuasan pelanggan berpengaruh terhadap loyalitas pelanggan pemakai kartu kredit BRI di Bandar Lampung. Jumlah sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah sebanyak 100 orang, dengan metode purposive sampling. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah kuesioner, wawancara, studi pustaka. Hasil penelitian diperoleh secara parsial dan simultan menggunakan uji t dan uji F variabel persepsi pelanggan, kualitas produk, dan kepuasan konsumen berpengaruh positif terhadap loyalitas pengguna kartu kredit BRI. Hasil perhitungan regresi dalam penelitian ini menunjukkan bahwa sebesar 69,1% loyalitas pengguna kartu kredit dari BRI dipengaruhi oleh variasi dari ketiga variabel independen, sedangkan sisanya sebesar 30,9% dipengaruhi oleh variabel-variabel lainnya yang tidak diteliti. Hal ini menunjukkan persepsi pelanggan belum sepenuhnya terpenuhi, kualitas produknya belum dapat dikatakan tinggi, pelanggan masih belum merasa puas menggunakan kartu kredit BRI sehingga loyalitas pelanggan belum bisa tercipta. Untuk itu PT. BRI Tbk harus lebih memperhatikan: Pemenuhan persepsi pelanggan dengan sedikit mengurangi beban iuran tahunan, memperjelas pelayanan yang dijanjikan melalui iklan. Peningkatan kualitas produk dengan mengurangi bunga yang dibebankan kepada pelanggan, dan mengumumkan dengan jelas benefit yang diberikan agar dapat diketahui oleh semua pelanggan. Kepuasan pelanggan dengan mencari informasi mengenai keluhan, meningkatkan fasilitas dan pelayanan. Abstract Because of the many benefits of credit cards, then today's credit card users in increasing numbers. Credit card services is perceived as a potential business and generate favorable margins for the company primarily for the banks. Seeing the potential for a lot of companies in the banking field to try his luck and plunges into the business credit card provider. There are several giant banks in the country which extended the credit card business and credit card manerbitkan most up to February 2011, including BRI (2 million cards), BRI (1.6 million cards), Citibank (1.5 million cards), and CIMB Commerce (1 million cards) and BRI (850 thousand). The number of credit card holders either Visa or Master targeted by BRI does not hit the target. Visas for the year 2012 up to October the average reached 80.3%. Master in the same period also reached 83.5% from target. Targets were not achieved will certainly affect the performance of BRI as a bank that provides banking services to its customers. Is the problem of this research is the fulfillment of customer perception, product quality, and customer satisfaction as well as simultaneous partial effect on customer loyalty on the user's credit card on BRI in Sydney. The purpose of this study was to determine the influence of customer perception, product quality, and customer satisfaction to loyalty cardholders of BRI. The results obtained partial and simultaneous testing using the t test and the F test variable customer perception, product quality, and customer satisfaction impact loyalty cardholders of Bank BRI. The suggestions are It shows the customer's perception is not fully met, the quality of their products can not be said to be high, the customer is still not satisfied using the credit card of BRI that customer loyalty can not be created. Seeing that it's best to credit card products BRI Tbk should pay more attention: Compliance with customer perception slightly reduce the burden of annual dues, and clarify the promised services through advertising. Improved product quality by reducing the rate charged to customers, and announced clearly benefit given to be known by all customers. Customer satisfaction with the search for information about a customer complaint either through deployment questionnaire and by other means, resolve any customer complaints, improve service, and enhance the facilities provided by the credit card users. date: 2013-03-03 date_type: published publication: Digital Library refereed: TRUE citation: 0911011159, RESTY ISMILYA (2013) FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI LOYALITAS PEMEGANG KARTU KREDIT BANK RAKYAT INDONESIA DI BANDAR LAMPUNG. UNSPECIFIED. document_url: http://digilib.unila.ac.id/8043/1/ABSTRACT%20INGGRIS%20Resty%20Ismilya.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/8043/2/abstrak%20Resty%20Ismilya.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/8043/3/BAB%20I.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/8043/4/BAB%20II.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/8043/5/BAB%20III.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/8043/6/BAB%20IV.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/8043/7/BAB%20V.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/8043/8/daftar%20isi%20Resty%20Ismilya.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/8043/9/RIWAYAT%20HIDUP%20Resty%20Ismilya.pdf