%0 Generic
%A Althaffiani, Rosa Azizah 
%C UNIVERSITAS LAMPUNG
%D 2024
%F eprints:80430
%I FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS
%T PENGARUH KEY OPINION LEADER (KOL)  DAN NEGATIVE ELECTRONIC WORD OF MOUTH (E-WOM) TERHADAP MINAT BELI PRODUK LUXCRIME
%U http://digilib.unila.ac.id/80430/
%X Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh Key Opinion Leader (KOL)  dan  Negative  Electronic  Word  of  Mouth  (eWOM)  terhadap  minat  beli  produk Luxcrime.  Penelitian  ini  menggunakan  metode  kuantitatif  dengan  110  calon konsumen  yang  merupakan  pengguna  media  sosial.  Data  dikumpulkan  melalui kuesioner online dan dianalisis dengan menggunakan regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif yang signifikan dari Key Opinion Leader (KOL) dan Negative Electronic Word of Mouth (eWOM) terhadap minat  beli  produk  Luxcrime.  KOL  memiliki  pengaruh  yang  lebih  besar dibandingkan  dengan  Negative  Electronic  Word  of  Mouth  (eWOM).  Hal  ini menunjukkan bahwa Key Opinion Leader (KOL) memiliki peran yang lebih penting dalam  mempengaruhi  minat  beli  konsumen  dibandingkan  dengan  Negative Electronic  Word  of  Mouth  (eWOM)  .Penelitian  ini  memiliki  beberapa  implikasi bagi Luxcrime. Pertama, Luxcrime perlu menjalin kerjasama dengan Key Opinion Leader  (KOL)  yang  tepat  untuk  meningkatkan  minat  beli  konsumen.  Kedua, Luxcrime  perlu  memantau  Negative  Electronic  Word  of  Mouth  (eWOM)  dan mengambil  langkah-langkah  yang  tepat  untuk  mengatasinya.  Ketiga,  Luxcrime perlu meningkatkan kualitas produk dan layanannya untuk meningkatkan kepuasan konsumen dan mengurangi Negative Electronic Word of Mouth (eWOM)  Kata kunci : Key Opinion Leader, Negative Electronic Word of Mouth, Minat Beli, Produk Luxcrime     This study aims to analyze the influence of Key Opinion Leader (KOL) and Negative Electronic Word of Mouth (eWOM) on the purchase intention of Luxcrime products. This  research  uses  a  quantitative  method  with  110  potential  customers  who  are social media users. Data was collected through online questionnaires and analyzed using  multiple  linear  regression.  The  results  of  the  study  show  that  there  is  a significant  positive  influence  of  KOL  and  Negative  eWOM  on  the  purchase intention of Luxcrime products. KOL has a greater influence than Negative eWOM. This  indicates  that  KOLs  play  a  more  important  role  in  influencing  consumer purchasing intentions than Negative eWOM. This research has several implications for Luxcrime. First, Luxcrime needs to collaborate with the right KOLs to increase consumer  purchasing  intentions.  Second,  Luxcrime  needs  to  monitor  Negative eWOM and take appropriate steps to address it. Third, Luxcrime needs to improve product quality and services to increase customer satisfaction and reduce Negative eWOM.  Keywords: Key Opinion Leader, Negative Electronic Word of Mouth, Purchase  Intention, Luxcrime Products