@misc{eprints80478, month = {Oktober}, title = {PENGEMBANGAN MEDIA ISPRING SUITE BERBASIS PENDEKATAN SAINTIFIK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PADA MUATAN IPA KELAS V SEKOLAH DASAR}, author = {KURNIASIH NURULITA}, address = {UNIVERSITAS LAMPUNG}, publisher = {FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN}, year = {2024}, url = {http://digilib.unila.ac.id/80478/}, abstract = {Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya kemampuan berpikir kritis peserta didik pada pelajaran IPA. Penelitian ini bertujuan mengembangkan media pembelajaran untuk mengetahui kelayakan dan efektivitas terhadap media pembelajaran interaktif iSpring Suite berbasis pendekatan saintifik pada pelajaran IPA. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan (R\&D) menggunakan model pengembangan 4D (four-D) dan teknik penelitian pretest-posttest control group design. Populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas V SD Negeri 8 Metro Timur, yang berjmlah 59 orang peserta didik dan peserta didik kelas 5 SD Negeri 2 Branti Raya, yang berjumah 50 orang peserta didik. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik tes dan angket kelayakan produk. Pengujian kelayakan produk dilakukan dengan menganalisis hasil nilai kelayakan ahli materi, ahli media, pendidik dan peserta didik, sedangkan pengujian efektifitas menggunakan uji N-Gain. Hasil penelitian ini menunjukkan media iSpring Suite berbasis pendekatan saintifik dinyatakan layak dan efektif untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis pada pelajaran IPA kelas V sekolah dasar. Kata kunci: berpikir kritis, iSpring Suite, saintifik The problem in this research is the low critical thinking skills of students in science lessons. This research aims to develop a learning media to determine its feasibility and effectiveness of the iSpring Suite interactive learning media based on the scientific approach in science lessons. This research is a development study (R\&D) using the 4D (four-D) development model and a pretest-posttest control group design research technique. The population and sample in this study consisted of all fifth-grade students from SD Negeri 8 Metro Timur, totaling 59 students, and fifth-grade students from SD Negeri 2 Branti Raya, totaling 50 students. Data collection techniques were conducted using tests and product feasibility questionnaires. The product feasibility test was carried out by analyzing the feasibility scores from material experts, media experts, educators, and students, while the effectiveness test was performed using the N-Gain test. The results of this study indicate that the iSpring Suite media based on the scientific approach is feasible and effective in improving critical thinking skills in fifth-grade science lessons. Keyword: critical thinking skill, iSpring Suite, scientific. } }