%0 Generic %A Jamal Fadel, Muhamad %C Universitas Lampung %D 2024 %F eprints:80486 %I Pertanian %T Analisis Strategi Pemasaran Pancake.lampung di Bandar Lampung %U http://digilib.unila.ac.id/80486/ %X Penelitian ini bertujuan menganalisis berbagai faktor internal dan eksternal yang bisa mempengaruhi strategi pemasaran di UMKM Pancake.lampung dan mengetahui alternatif strategi pemasaran apa yang bisa di terapkan di UMKM Pancake.lampung. Penelitian ini menggunakan metode slovin untuk menentukan jumlah responden dengan tingkat kepercayaan 90% dengan nilai galat (e) 10%. Dengan metode tersebut didapatkan sampel sebesar 100 responden yang akan diberikan sejumlah pertanyaan dalam bentuk kuesioner. Penelitian ini melakuan analisis data menggunakan matriks IFE dan EFE, matriks IE, analisis SWOT, dan analisis QSPM. Hasil yang didapat pada penelitian ini yaitu pada kekuatan terbesar yaitu bahan baku yag tersedia dan kelemahan yaitu umur simpan produk yang pendek. Peluang terbesar yang bisa di manfaatkan oleh UMKM Pancake.lampung yaitu berkembangnya teknologi dan informasi. Sedangkan ancaman utama yang bisa mengancam UMKM Pancake.lampung yaitu terdapat varian rasa yang ditawarkan oleh UMKM sejenis.