%A Halawa Notarisman %T PENGEMBANGAN LKPD BERBASIS PROJECT BASED LEARNING PADA MATERI PERUBAHAN IKLIM BERORIENTASI KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS %X Pendidikan memiliki peranan penting dalam menjamin keberlangsungan hidup suatu bangsa dan negara, karena melalui pendidikan akan terciptanya generasi yang cerdas, sehingga mengharuskan peserta didik untuk memiliki keterampilan abad 21 yang dapat menunjang keberlangsungan hidupnya dimasa yang akan datang. Salah satu keterampilam yang dapat menunjang adalah keterampilan berpikir kritis peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kevalidan dan kepraktisan LKPD berbasis project based learning pada materi perubahan iklim berorientasi keterampilan berpikir kritis. Metode penelitian yang digunakan diadaptasi dari Richey & Klien (2007) yang terdiri dari 4 tahap yaitu analisis, desain, pengembangan dan evaluasi. Uji validitas ini dilakukan oleh 3 orang ahli yang terdiri dari 2 dosen Pendidikan Fisika dan 1 orang guru IPA SMP dan uji kepraktisan melalui uji keterbacaan dilakukan oleh 28 peserta didik SMPN 4 Bandar Lampung. Penilaian uji validitas ini dilihat berdasarkan dua aspek yaitu aspek media dan desain serta materi dan konstruk dengan skor rata-rata sebesar 3,44 dengan kategori sangat valid dan uji kepraktisan melalui uji keterbacaan diperoleh nilai rata-rata sebesar 91,5% dengan kategori sangat terbaca atau praktis. Sehingga berdasarkan analisis data dapat disimpulkan bahwa LKPD berbasis project based learning pada materi perubahan iklim berorientasi keterampilan berpikir kritis sangat valid dan praktis sehingga layak untuk di implementasikan pada pembelajaran IPA kelas VII pada materi perubahan iklim. Kata Kunci: Keterampilan Berpikir Kritis, Project Based Learning, Perubahan Iklim, Pengembangan LKPD. %D 2024 %C UNIVERSITAS LAMPUNG %R 1813022057 %I FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN %L eprints80548