TY - GEN CY - UNIVERSITAS LAMPUNG ID - eprints80563 UR - http://digilib.unila.ac.id/80563/ A1 - I Made, Aditya Y1 - 2024/10/17/ N2 - Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan e-LKPD berbasis model problem based learning berbantuan PhET pada materi pemanasan global terhadap keterampilan berpikir kritis peserta didik. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 1 Seputih Raman semester ganjil tahun ajaran 2023/2024, dengan sampel penelitian peserta didik kelas X2 dan X4. Desain penelitian yang digunakan adalah non-equivalent control group design, dengan variabel bebas (e-LKPD berbantuan PhET), variabel terikat (keterampilan berpikir kritis), dan variabel moderator (model PBL). Berdasarkan hasil uji penelitian yang telah diakukan, diketahui bahwa terdapat pengaruh pada penggunaan e-LKPD berbasis model pembelajaran problem based learning berbantuan PhET pada materi pemanasan global terhadap keterampilan berpikir kritis peserta didik. Hal ini ditandai dengan hasil uji n-gain total yang diperoleh kelas eksperimen sebesar 0,498 dengan kategori sedang dan kelas kontrol sebesar 0,299 dengan kategori rendah. Hasil uji n-gain indikator involve basic clarificatio, the bases for decision, inference, advanced clarification, supposition and integration pada kelas eksperimen juga mendapatkan nilai yang lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol dengan perbedaan yang cukup signifikan, selain itu hasil dari uji Effect Size memperoleh skor 1,78 dengan interpretasi sangat tinggi sehingga penggunaan e- LKPD berbasis model problem based learning berbantuan PhET pada kelas eksperimen lebih efektif daripada LKPD konvensional berbantuan video pada kelas kontrol. Kata Kunci : e-lkpd, keterampilan berpikir kritis, Problem based learning, phet. PB - FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN TI - PENGARUH e-LKPD BERBASIS MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN PhET PADA MATERI PEMANASAN GLOBAL TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS AV - restricted ER -