TY - GEN CY - UNIVERSITAS LAMPUNG ID - eprints80575 UR - http://digilib.unila.ac.id/80575/ A1 - Hafidzoh , Hanifah Azzahra Y1 - 2024/10/25/ N2 - Masalah pada penelitian ini adalah bagaimanakah Nilai Pendidikan Karakter dalam Novel ?Seribu Wajah Ayah? karya Nurun Ala serta Implikasinya terhadap Pembelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah Menengah Atas. Penelitian dalam novel ini kemudian diimplikasikan dalam materi novel pada kurikulum merdeka (Kumer). Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan nilai pendidikan karakter dalam novel serta mendeskripsikan implikasinya dalam pembelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah Menengah Atas. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini novel berjudul ?Seribu Wajah Ayah? karya Nurun Ala. Data dalam penelitian ini ialah berupa kutipan-kutipan kalimat yang mengandung nilai pendidikan karakter. Penelitian ini juga memanfaatkan pendapat Kemendikbud (Nomor 20 Tahun 2018 tentang PPK). 18 nilai pendidikan karakter yang telah ada sebelumnya dikristalkan menjadi 5 nilai utama yakni, Religius, Nasionalis, Mandiri, Gotong royong, dan Integritas. Hasil dari penelitian ini mengandung nilai pendidikan karakter dalam novel ?Seribu Wajah Ayah? karya Nurun Ala yaitu Nilai Religius, Nasionalis, Mandiri, Gotong Royong, dan Integritas. Nilai Pendidikan Karakter terdapat 50 data yang terdiri atas 35 data Nilai Religius, Nasionalis 2 data, mandiri 2 data, integritas 5 data, Gotong Royong 6 data. Nilai pendidikan karakter ini diimplikasikan pada pembelajaran Bahasa Indonesia di kelas XII SMA yang menggunakan kurikulum merdeka dalam bentuk modul ajar. Kata kunci: Nilai Pendidikan Karakter, Novel, Kurikulum Merdeka. PB - FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN TI - NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM NOVEL ?SERIBU WAJAH AYAH? KARYA NURUN ALA DAN IMPLIKASINYA TERHADAP PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SMA AV - restricted ER -