TY - THES ID - eprints80581 UR - http://digilib.unila.ac.id/80581/ A1 - Melinda Putri Aryanti, Putri Aryanti Y1 - 2024/09/23/ N2 - Tren jumlah partai politik yang megikuti pemilihan umum legislatif terus meningkat pada kurun waktu tiga perode pemilihan. Pada Provinsi Lampung, terdapat empat partai yang baru mengikuti pemilu legislatif, yaitu Partai Buruh, Partai Gelora, Partai Ummat dan Partai Kebangkitan Nusantara. Penelitian ini bertujuan untuk melihat upaya political branding keempat partai tersebut dengan menggunakan konsep political branding dan partai politik serta metode penelitian kualitatif dengan teknik pengumpulan data berupa wawancara, studi dokumentasi yang dianalisis menggunakan paradigma interpretatif. Hasilnya yaitu terdapat tujuh item atau unsur yang muncul sebagai upaya political branding, yakni isu sentral, keanggotaan, penokohan, tujuan, sentimen berkoalisi, dasar partai dan sentimen terhadap penguasa. Selain itu, keempat partai juga menggunakan prinsip-prinsip political branding yang dibagi menjadi tiga prinsip, yakni 1) refleksi kekuatan, komitmen dan core value; 2) janji dan tujuan partai; dan 3) dimensi emosional. Kemudian, keempat partai tersebut turut menggunakan media sosial sebagai media penyalur pesan-pesan untuk membentuk brand partai. Meski begitu, tidak semua media digunakan dengan optimal. Kata Kunci: Partai Politik Baru, Provinsi Lampung, Prinsip Branding, Unsur Political Branding, Tingkat Keterlibatan PB - FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK M1 - masters TI - POLITICAL BRANDING EMPAT PARTAI POLITIK BARU PADA PEMILIHAN UMUM TAHUN 2024 DI PROVINSI LAMPUNG AV - restricted EP - 1516071088 ER -