TY - GEN CY - Universitas Lampung ID - eprints80600 UR - http://digilib.unila.ac.id/80600/ A1 - Khomsatun , Nikmah Y1 - 2024/10/22/ N2 - Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Problem Based Learning berbantuan poster terhadap kemampuan pemecahan masalah dan sustainability awareness peserta didik. Penelitian dilaksanakan pada semester genap di SMAN 1 Ketapang, Sampel diambil menggunakan teknik Purposive sampling sehingga diperoleh kelas X3 sebanyak 33 peserta didik sebagai kelas kontrol dan kelas X5 sebagai kelas eksperimen sebanyak 34 peserta didik. Desain penelitian yang digunakan yaitu quasy experiment dengan teknik Pretest Posttest Nonequivalent Control Group. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan pemberian tes kemampuan pemecahan masalah, angket sustainability awareness, dan angket tanggapan peserta didik. Hasil uji independent sample t-test didapatkan nilai sig. (2-tailend) 0,000 0,005. Hasil perhitungan angket sustainability awareness kelas eksperimen mendapatkan rata-rata 86,4 dengan kategori sering dilakukan sedangkan kelas kontrol sebesar 68,3 dengan kategori sedang dilakukan. Data angket respon peserta didik menunjukan bahawa model PBL berbantuan poster dapat diterima dengan baik dan dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah dan sustainability awareness. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa model PBL. berbantuan poster berpengaruh terhadap kemampuan pemecahan masalah dan sustainability awareness peserta didik. Kata kunci: Model Problem Based Learning. Kemampuan Pemecahan Masalah, Sustainability Awareness PB - Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan TI - PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) BERBANTUAN POSTER TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN SUSTAINABILITY AWARENESS PESERTA DIDIK AV - restricted ER -