TY - GEN CY - UNIVERSITAS LAMPUNG ID - eprints80611 UR - http://digilib.unila.ac.id/80611/ A1 - Nadya, Anom Permata Y1 - 2024/11/14/ N2 - Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran discovery learning berbantu media e-comic terhadap kemampuan literasi sains kelas VII pada materi pencemaran lingkungan. Jenis penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimen. Sampel penelitian terdiri dari dua kelas yang dipilih menggunakan purposive sampling. Kelas eksperimen menggunakan model discovery learning berbantu media e-comic dan kelas kontrol menggunakan metode ceramah. Data kemampuan literasi sains diperoleh dari pretest-posttest yang dianalisis menggunakan uji Mann-Whitney Test. Data tanggapan peserta didik tentang model discovery learning berbantu media e-comic dikumpulkan menggunakan angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan model discovery learning berbantu media e-comic terhadap kemampuan literasi sains, dengan nilai sig.(2 tailed) 0,004 < 0,05 dan hasil perhitungan n-gain pada kelas eksperimen sebesar 0,59. Respons angket penggunaan model discovery learning berbantu media e-comic sebesar 90,35% dengan kategori sangat baik sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan model model discovery learning berbantu media e-comic terhadap kemampuan literasi sains. PB - FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN TI - PENGARUH MODEL DISCOVERY LEARNING BERBANTU MEDIA E-COMIC TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI SAINS PESERTA DIDIK KELAS VII PADA MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN AV - restricted ER -