%A Akbar Aliyil %T PENGARUH PENDEKATAN LATIHAN SMALL SIDE GAMES TERHADAP KETERAMPILAN PASSING SISWA EKSTRAKURIKULER FUTSAL SMP NEGERI 22 BANDAR LAMPUNG %X Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendekatan latihan small side games terhadap keterampilan passing siswa ekstrakurikuler fusal smp negeri 22 bandar lampung. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimen. Sampel penelitian adalah siswa ekstrakurikuler futsal smp negeri 22 bandar lampung yang berjumlah 20 siswa yang dibagi menjadi dua kelompok dengan teknik ordinal pairing. Analisis data menggunakan uji T dengan ? = 0,05 melalui uji prasyarat uji normalitas dan uji homogenitas serta Instrumen yang digunakan adalah Tes mengoper bola rendah. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan maka dapat diambil suatu kesimpulan bahwa: 1) Ada pengaruh yang signifikan dari latihan small side games terhadap keterampilan passing dengan nilai thitung = 6,271 > ttabel = 2,101, yang artinya bahwa terdapat pengaruh dari adanya model latihan berupa pendekatan latihan small side games terhadap peningkatan keterampilan passing siswa. 2) Tidak ada pengaruh yang signifikan dari kelompok kontrol terhadap keterampilan passing futsal, dengan nilai thitung = 1,415 < ttabel = 2,101, yang artinya jika siswa tidak diberikan model latihan berupa pendekatan latihan small side games tidak ada pengaruh terhadap peningkatan keterampilan passing siswa. 3) Ada perbedaan yang signifikan antara kelompok eksperimen dengan kelompok kontrol terhadap keterampilan passing futsal, dengan nilai thitung = 3,041 > ttabel = 2,101, yang artinya siswa yang diberikan model latihan berupa pendekatan latihan small side games mendapatkan peningkatan keterampilan passing dibandingkan dengan siswa yang tidak diberikan model latihan berupa pendekatan latihan small side games. Kata Kunci : ekstrakurikuler, keterampilan passing futsal, small side games. %D 2024 %C UNIVERSITAS LAMPUNG %R 2013051022 %I FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN %L eprints80632