@misc{eprints80725, month = {Desember}, title = {EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN FLIPPED CLASSROOM PADA MATERI KESETIMBANGAN KIMIA UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENGKOMUNIKASIKAN}, author = {Sapitri Anisa Auliya }, address = {UNIVERSITAS LAMPUNG}, publisher = {FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN}, year = {2024}, url = {http://digilib.unila.ac.id/80725/}, abstract = {Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keefektifan model pembelajaran flipped classroom pada materi kesetimbangan kimia untuk meningkatkan keteram-pilan mengkomunikasikan. Metode yang digunakan pada penelitian ini ialah quasi experiment dengan desain pretest-postest control group design. Populasi pada penelitian ini ialah seluruh peserta didik kelas XI SMA Negeri 1 Gedong Tataan yang memilih mata pelajaran kimia Tahun Ajaran 2023/2024 yang ber-jumlah 227 peserta didik dan tersebar dalam 7 kelas yaitu XI.5 sampai dengan XI.11. Pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling. Sampel pada penelitian ini adalah kelas XI.5 sebagai kelas kontrol berjumlah 33 peserta didik dan kelas XI.6 sebagai kelas eksperimen berjumlah 32 peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata n-gain keterampilan mengkomunikasikan peserta didik pada kelas eksperimen berkriteria sedang yaitu sebesar 0,67 sedangkan pada kelas kontrol berkriteria rendah yaitu sebesar 0,31. Hasil analisis data dan pengujian hipotesis menunjukkan bahwa terdapat perbeda-an yang signifikan antara rata-rata n-gain keterampilan mengkomunikasikan pada kelas eksperimen yang menggunakan model pembelajaran flipped classroom dengan rata-rata n-gain keterampilan mengkomunikasikan pada kelas kontrol yang menggunakan metode ceramah. Hal ini menunjukkan bahwa model pem-belajaran flipped classroom pada materi kesetimbangan kimia secara signifikan efektif dalam meningkatkan keterampilan mengkomunikasikan peserta didik. Kata kunci: efektivitas, kesetimbangan kimia, keterampilan mengkomunikasikan, model pembelajaran flipped classroom} }