?url_ver=Z39.88-2004&rft_id=2013023020&rft_val_fmt=info%3Aofi%2Ffmt%3Akev%3Amtx%3Adc&rft.title=EFEKTIVITAS+MODEL+PEMBELAJARAN+FLIPPED+CLASSROOM+PADA+MATERI+KESETIMBANGAN+KIMIA+UNTUK+MENINGKATKAN+KETERAMPILAN+MENGKOMUNIKASIKAN&rft.creator=Anisa+Auliya+%2C+Sapitri&rft.subject=370+Pendidikan&rft.subject=540+Kimia+dan+ilmu+yang+berhubungan&rft.description=Penelitian+ini+bertujuan+untuk+mendeskripsikan+keefektifan+model+pembelajaran+flipped+classroom+pada+materi+kesetimbangan+kimia+untuk+meningkatkan+keteram-pilan+mengkomunikasikan.++Metode+yang+digunakan+pada+penelitian+ini+ialah+quasi+experiment+dengan+desain+pretest-postest+control+group+design.++Populasi+pada+penelitian+ini+ialah+seluruh+peserta+didik+kelas+XI+SMA+Negeri+1+Gedong+Tataan+yang+memilih+mata+pelajaran+kimia+Tahun+Ajaran+2023%2F2024+yang+ber-jumlah+227+peserta+didik+dan+tersebar+dalam+7+kelas+yaitu+XI.5+sampai+dengan+XI.11.++Pengambilan+sampel+pada+penelitian+ini+menggunakan+teknik+purposive+sampling.++Sampel+pada+penelitian+ini+adalah+kelas+XI.5+sebagai+kelas+kontrol+berjumlah+33+peserta+didik+dan+kelas+XI.6+sebagai+kelas+eksperimen+berjumlah+32+peserta+didik.+Hasil+penelitian+menunjukkan+bahwa+rata-rata+n-gain+keterampilan+mengkomunikasikan+peserta+didik+pada+kelas+eksperimen+berkriteria+sedang+yaitu+sebesar+0%2C67+sedangkan+pada+kelas+kontrol+berkriteria+rendah+yaitu+sebesar+0%2C31.++Hasil+analisis+data+dan+pengujian+hipotesis+menunjukkan+bahwa+terdapat+perbeda-an+yang+signifikan+antara+rata-rata+n-gain+keterampilan+mengkomunikasikan+pada+kelas+eksperimen+yang+menggunakan+model+pembelajaran++flipped+classroom+dengan+rata-rata+n-gain+keterampilan+mengkomunikasikan+pada+kelas+kontrol+yang+menggunakan+metode+ceramah.++Hal+ini+menunjukkan+bahwa+model+pem-belajaran+flipped+classroom+pada+materi+kesetimbangan+kimia+secara+signifikan+efektif+dalam+meningkatkan+keterampilan+mengkomunikasikan+peserta+didik.+%0D%0A%0D%0AKata+kunci%3A+efektivitas%2C+kesetimbangan+kimia%2C+keterampilan+mengkomunikasikan%2C+model+pembelajaran++flipped+classroom&rft.publisher=FAKULTAS+KEGURUAN+DAN+ILMU+PENDIDIKAN&rft.date=2024-12-10&rft.type=Skripsi&rft.type=NonPeerReviewed&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F80725%2F1%2F1.%2520ABSTRAK.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F80725%2F2%2F2.%2520SKRIPSI%2520FULL.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F80725%2F3%2F3.%2520SKRIPSI%2520TANPA%2520BAB%2520PEMBAHASAN.pdf&rft.identifier=++Anisa+Auliya+%2C+Sapitri++(2024)+EFEKTIVITAS+MODEL+PEMBELAJARAN+FLIPPED+CLASSROOM+PADA+MATERI+KESETIMBANGAN+KIMIA+UNTUK+MENINGKATKAN+KETERAMPILAN+MENGKOMUNIKASIKAN.++FAKULTAS+KEGURUAN+DAN+ILMU+PENDIDIKAN%2C+UNIVERSITAS+LAMPUNG.+++++&rft.relation=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F80725%2F