?url_ver=Z39.88-2004&rft_id=2013023024&rft_val_fmt=info%3Aofi%2Ffmt%3Akev%3Amtx%3Adc&rft.title=EFEKTIVITAS+MODEL+PEMBELAJARAN+FLIPPED+CLASSROOM%0D%0ADENGAN+PENDEKATAN+SAINTIFIK+UNTUK+MENINGKATKAN%0D%0APEMAHAMAN+KONSEP+DAN+AKTIVITAS+PESERTA+DIDIK%0D%0APADA+MATERI+KESETIMBANGAN+KIMIA&rft.creator=Justine%2C+-&rft.subject=370+Pendidikan&rft.subject=507+Pendidikan%2C+penelitian%2C+topik+terkait+ilmu+pengetahuan+alam&rft.subject=540+Kimia+dan+ilmu+yang+berhubungan&rft.description=Penelitian+ini+bertujuan+untuk+mendeskripsikan+keefektifan+model+pembelajaran%0D%0Aflipped+classroom+dengan+pendekatan+saintifik+untuk+meningkatkan+pemahaman%0D%0Akonsep+dan+aktivitas+peserta+didik+pada+materi+kesetimbangan+kimia.+Metode%0D%0Apenelitian+yang+digunakan+adalah+quasi+experimental+dengan+pretest-postest%0D%0Acontrol+group+design.+Populasi+pada+penelitian+ini+adalah+seluruh+peserta+didik+kelas+XI+SMA+Negeri+1+Gedong+Tataan+yang+memilih+mata+pelajaran+kimia+tahun%0D%0Apelajaran+2023%2F2024+yang+berjumlah+252+peserta+didik.+Sampel+pada+penelitian+ini+yaitu+kelas+XI+6+sebagai+kelas+eksperimen+dan+XI+5+sebagai+kelas+kontrol+yang+diperoleh+melalui+teknik+purposive+sampling.+Pada+kelas+eksperimen+diterapkan+model+pembelajaran+flipped+classroom+dengan+pendekatan+saintifik+dan+kelas+kontrol+diterapkan+pembelajaran+konvensional.+Data+utama+dalam+penelitian+ini+berupa+nilai+pretes+postes+pemahaman+konsep+peserta+didik+dan+data+aktivitas+peserta+didik.+Teknik+analisis+data+yang+digunakan+adalah+uji+kesamaan+dua+rata-rata+dan+uji+perbedaan+dua+rata-rata+dengan+uji+Independent+Samples+t-Test.+Hasil+penelitian+menunjukkan+bahwa+rata-rata+n-gain+kelas+eksperimen+berkriteria+tinggi+dan+kelas+kontrol+berkriteria+sedang+serta+terdapat+perbedaan+rata-rata+n-gain+yang+signifikan+antara+kelas+eksperimen+dan+kelas+kontrol.+Hasil+penelitian+juga+menunjukkan+persentase+aktivitas+peserta+didik+di+kelas+eksperimen+meningkat+pada+setiap+pertemuan+dan+persentase+rata-rata+aktivitas+peserta+didik+di+kelas+eksperimen+pada+aktivitas+bertanya+berkriteria+%E2%80%9Ctinggi%E2%80%9D%2C+mengemukakan+pendapat+berkriteria+%E2%80%9Ctinggi%2C+memberi+sanggahan+berkriteria+%E2%80%9Csedang%E2%80%9D+dan+diskusi+kelompok%0D%0Aberkriteria+%E2%80%9Csangat+tinggi%E2%80%9D.+Berdasarkan+penelitian+maka+dapat+disimpulkan+bahwa+model+pembelajaran+flipped+classroom+dengan+pendekatan+saintifik+efektif+dalam+meningkatkan+pemahaman+konsep+dan+aktivitas+peserta+didik+pada+materi+kesetimbangan+kimia.%0D%0A%0D%0AKata+kunci%3A+flipped+classroom%2C+pendekatan+saintifik%2C+pemahaman+konsep%2C%0D%0Aaktivitas+peserta+didik%2C+kesetimbangan+kimia&rft.publisher=FAKULTAS+KEGURUAN+DAN+ILMU+PENDIDIKAN&rft.date=2024-12-04&rft.type=Skripsi&rft.type=NonPeerReviewed&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F80728%2F1%2F1.%2520ABSTRAK.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F80728%2F2%2F2.%2520SKRIPSI%2520FULL.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F80728%2F3%2F3.%2520SKRIPSI%2520TANPA%2520BAB%2520PEMBAHASAN.pdf&rft.identifier=++Justine%2C+-++(2024)+EFEKTIVITAS+MODEL+PEMBELAJARAN+FLIPPED+CLASSROOM+DENGAN+PENDEKATAN+SAINTIFIK+UNTUK+MENINGKATKAN+PEMAHAMAN+KONSEP+DAN+AKTIVITAS+PESERTA+DIDIK+PADA+MATERI+KESETIMBANGAN+KIMIA.++FAKULTAS+KEGURUAN+DAN+ILMU+PENDIDIKAN%2C+UNIVERSITAS+LAMPUNG.+++++&rft.relation=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F80728%2F