%0 Generic %A Justine, - %C UNIVERSITAS LAMPUNG %D 2024 %F eprints:80728 %I FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN %T EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN FLIPPED CLASSROOM DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP DAN AKTIVITAS PESERTA DIDIK PADA MATERI KESETIMBANGAN KIMIA %U http://digilib.unila.ac.id/80728/ %X Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keefektifan model pembelajaran flipped classroom dengan pendekatan saintifik untuk meningkatkan pemahaman konsep dan aktivitas peserta didik pada materi kesetimbangan kimia. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi experimental dengan pretest-postest control group design. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas XI SMA Negeri 1 Gedong Tataan yang memilih mata pelajaran kimia tahun pelajaran 2023/2024 yang berjumlah 252 peserta didik. Sampel pada penelitian ini yaitu kelas XI 6 sebagai kelas eksperimen dan XI 5 sebagai kelas kontrol yang diperoleh melalui teknik purposive sampling. Pada kelas eksperimen diterapkan model pembelajaran flipped classroom dengan pendekatan saintifik dan kelas kontrol diterapkan pembelajaran konvensional. Data utama dalam penelitian ini berupa nilai pretes postes pemahaman konsep peserta didik dan data aktivitas peserta didik. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji kesamaan dua rata-rata dan uji perbedaan dua rata-rata dengan uji Independent Samples t-Test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata n-gain kelas eksperimen berkriteria tinggi dan kelas kontrol berkriteria sedang serta terdapat perbedaan rata-rata n-gain yang signifikan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Hasil penelitian juga menunjukkan persentase aktivitas peserta didik di kelas eksperimen meningkat pada setiap pertemuan dan persentase rata-rata aktivitas peserta didik di kelas eksperimen pada aktivitas bertanya berkriteria “tinggi”, mengemukakan pendapat berkriteria “tinggi, memberi sanggahan berkriteria “sedang” dan diskusi kelompok berkriteria “sangat tinggi”. Berdasarkan penelitian maka dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran flipped classroom dengan pendekatan saintifik efektif dalam meningkatkan pemahaman konsep dan aktivitas peserta didik pada materi kesetimbangan kimia. Kata kunci: flipped classroom, pendekatan saintifik, pemahaman konsep, aktivitas peserta didik, kesetimbangan kimia