<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . "EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN FLIPPED CLASSROOM\r\nDENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK UNTUK MENINGKATKAN\r\nPEMAHAMAN KONSEP DAN AKTIVITAS PESERTA DIDIK\r\nPADA MATERI KESETIMBANGAN KIMIA"^^ . "Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keefektifan model pembelajaran\r\nflipped classroom dengan pendekatan saintifik untuk meningkatkan pemahaman\r\nkonsep dan aktivitas peserta didik pada materi kesetimbangan kimia. Metode\r\npenelitian yang digunakan adalah quasi experimental dengan pretest-postest\r\ncontrol group design. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas XI SMA Negeri 1 Gedong Tataan yang memilih mata pelajaran kimia tahun\r\npelajaran 2023/2024 yang berjumlah 252 peserta didik. Sampel pada penelitian ini yaitu kelas XI 6 sebagai kelas eksperimen dan XI 5 sebagai kelas kontrol yang diperoleh melalui teknik purposive sampling. Pada kelas eksperimen diterapkan model pembelajaran flipped classroom dengan pendekatan saintifik dan kelas kontrol diterapkan pembelajaran konvensional. Data utama dalam penelitian ini berupa nilai pretes postes pemahaman konsep peserta didik dan data aktivitas peserta didik. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji kesamaan dua rata-rata dan uji perbedaan dua rata-rata dengan uji Independent Samples t-Test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata n-gain kelas eksperimen berkriteria tinggi dan kelas kontrol berkriteria sedang serta terdapat perbedaan rata-rata n-gain yang signifikan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Hasil penelitian juga menunjukkan persentase aktivitas peserta didik di kelas eksperimen meningkat pada setiap pertemuan dan persentase rata-rata aktivitas peserta didik di kelas eksperimen pada aktivitas bertanya berkriteria “tinggi”, mengemukakan pendapat berkriteria “tinggi, memberi sanggahan berkriteria “sedang” dan diskusi kelompok\r\nberkriteria “sangat tinggi”. Berdasarkan penelitian maka dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran flipped classroom dengan pendekatan saintifik efektif dalam meningkatkan pemahaman konsep dan aktivitas peserta didik pada materi kesetimbangan kimia.\r\n\r\nKata kunci: flipped classroom, pendekatan saintifik, pemahaman konsep,\r\naktivitas peserta didik, kesetimbangan kimia"^^ . "2024-12-04" . . . . . "FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN"^^ . . . . . . . "-"^^ . "Justine"^^ . "- Justine"^^ . . . . . . "EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN FLIPPED CLASSROOM\r\nDENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK UNTUK MENINGKATKAN\r\nPEMAHAMAN KONSEP DAN AKTIVITAS PESERTA DIDIK\r\nPADA MATERI KESETIMBANGAN KIMIA (File PDF)"^^ . . . "1. ABSTRAK.pdf"^^ . . . "EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN FLIPPED CLASSROOM\r\nDENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK UNTUK MENINGKATKAN\r\nPEMAHAMAN KONSEP DAN AKTIVITAS PESERTA DIDIK\r\nPADA MATERI KESETIMBANGAN KIMIA (File PDF)"^^ . . . "EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN FLIPPED CLASSROOM\r\nDENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK UNTUK MENINGKATKAN\r\nPEMAHAMAN KONSEP DAN AKTIVITAS PESERTA DIDIK\r\nPADA MATERI KESETIMBANGAN KIMIA (File PDF)"^^ . . . "3. SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf"^^ . . . "EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN FLIPPED CLASSROOM\r\nDENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK UNTUK MENINGKATKAN\r\nPEMAHAMAN KONSEP DAN AKTIVITAS PESERTA DIDIK\r\nPADA MATERI KESETIMBANGAN KIMIA (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN FLIPPED CLASSROOM\r\nDENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK UNTUK MENINGKATKAN\r\nPEMAHAMAN KONSEP DAN AKTIVITAS PESERTA DIDIK\r\nPADA MATERI KESETIMBANGAN KIMIA (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN FLIPPED CLASSROOM\r\nDENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK UNTUK MENINGKATKAN\r\nPEMAHAMAN KONSEP DAN AKTIVITAS PESERTA DIDIK\r\nPADA MATERI KESETIMBANGAN KIMIA (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN FLIPPED CLASSROOM\r\nDENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK UNTUK MENINGKATKAN\r\nPEMAHAMAN KONSEP DAN AKTIVITAS PESERTA DIDIK\r\nPADA MATERI KESETIMBANGAN KIMIA (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . . "EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN FLIPPED CLASSROOM\r\nDENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK UNTUK MENINGKATKAN\r\nPEMAHAMAN KONSEP DAN AKTIVITAS PESERTA DIDIK\r\nPADA MATERI KESETIMBANGAN KIMIA (Other)"^^ . . . . . . "indexcodes.txt"^^ . . . "EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN FLIPPED CLASSROOM\r\nDENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK UNTUK MENINGKATKAN\r\nPEMAHAMAN KONSEP DAN AKTIVITAS PESERTA DIDIK\r\nPADA MATERI KESETIMBANGAN KIMIA (Other)"^^ . . . . . . "EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN FLIPPED CLASSROOM\r\nDENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK UNTUK MENINGKATKAN\r\nPEMAHAMAN KONSEP DAN AKTIVITAS PESERTA DIDIK\r\nPADA MATERI KESETIMBANGAN KIMIA (Other)"^^ . . . . . . "indexcodes.txt"^^ . . . "EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN FLIPPED CLASSROOM\r\nDENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK UNTUK MENINGKATKAN\r\nPEMAHAMAN KONSEP DAN AKTIVITAS PESERTA DIDIK\r\nPADA MATERI KESETIMBANGAN KIMIA (Other)"^^ . . . . . . "EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN FLIPPED CLASSROOM\r\nDENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK UNTUK MENINGKATKAN\r\nPEMAHAMAN KONSEP DAN AKTIVITAS PESERTA DIDIK\r\nPADA MATERI KESETIMBANGAN KIMIA (Other)"^^ . . . . . . "EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN FLIPPED CLASSROOM\r\nDENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK UNTUK MENINGKATKAN\r\nPEMAHAMAN KONSEP DAN AKTIVITAS PESERTA DIDIK\r\nPADA MATERI KESETIMBANGAN KIMIA (Other)"^^ . . . . . . "EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN FLIPPED CLASSROOM\r\nDENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK UNTUK MENINGKATKAN\r\nPEMAHAMAN KONSEP DAN AKTIVITAS PESERTA DIDIK\r\nPADA MATERI KESETIMBANGAN KIMIA (Other)"^^ . . . . . . "EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN FLIPPED CLASSROOM\r\nDENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK UNTUK MENINGKATKAN\r\nPEMAHAMAN KONSEP DAN AKTIVITAS PESERTA DIDIK\r\nPADA MATERI KESETIMBANGAN KIMIA (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN FLIPPED CLASSROOM\r\nDENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK UNTUK MENINGKATKAN\r\nPEMAHAMAN KONSEP DAN AKTIVITAS PESERTA DIDIK\r\nPADA MATERI KESETIMBANGAN KIMIA (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN FLIPPED CLASSROOM\r\nDENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK UNTUK MENINGKATKAN\r\nPEMAHAMAN KONSEP DAN AKTIVITAS PESERTA DIDIK\r\nPADA MATERI KESETIMBANGAN KIMIA (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN FLIPPED CLASSROOM\r\nDENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK UNTUK MENINGKATKAN\r\nPEMAHAMAN KONSEP DAN AKTIVITAS PESERTA DIDIK\r\nPADA MATERI KESETIMBANGAN KIMIA (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . "HTML Summary of #80728 \n\nEFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN FLIPPED CLASSROOM \nDENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK UNTUK MENINGKATKAN \nPEMAHAMAN KONSEP DAN AKTIVITAS PESERTA DIDIK \nPADA MATERI KESETIMBANGAN KIMIA\n\n" . "text/html" . . . "370 Pendidikan" . . . "507 Pendidikan, penelitian, topik terkait ilmu pengetahuan alam" . . . "540 Kimia dan ilmu yang berhubungan" . .