@misc{eprints80729, month = {Oktober}, title = {PEMBELAJARAN SAXOPHONE DI EKSTRAKURIKULER SENI MUSIK SMA NEGERI 9 BANDAR LAMPUNG}, author = {Gema Prasetio Rio }, address = {UNIVERSITAS LAMPUNG}, publisher = {FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN}, year = {2024}, url = {http://digilib.unila.ac.id/80729/}, abstract = {Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tahapan pembelajaran pada Ekstrakurikuler Musik Saxophone di SMA Negeri 9 Bandar Lampung. Data pada penelitian ini di analisis dengan cara mereduksi data, menyajikan data, dan menarik kesimpulan. Pengumpulan data dilakukan menggunakan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan konsep komponen pembelajaran Wina Sanjaya 2013 meliputi tujuan seperti pembelajaran ekstrakurikuler musik Saxophone di SMA Negeri 9 Bandar Lampung, untuk mengembangkan bakat dan kreativitas peserta didik dalam kegiatan non formal. Isi/materi peserta didik mendapatkan materi pembelajaran materi yang diberi oleh pelatih seperti, Eb alto Saxophone Trill Fingering Chard, Eb alto Saxophone Fingering Chard, Transposition Chart For Concert Band, Staccato, Legato, Rondo Alla Tourca, Ode To Joy, Long Long Ago, In The Bleak Midwinter. dan pembelajaran improvisasi menggunakan media internet youtube backing track. Metode yang digunakan dalam pembelajaran yaitu metode ceramah, tanya jawab, metode diskusi, kerja kelompok maupun kelompok. Pada media pembelajaran menggunakan internet seperti youtube dan spotify. Evaluasi dalam pembelajaran Ekstrakurikuler Musik Saxophone sering dilakukan pada saat selesai pembelajaran, maupun akhir semester. Penelitian ini selanjutnya menggunakan konsep Strategi pembelajaran Wina Sanjaya meliputi strategi exposition, strategi discovery, starategi kelompok dan strategi pembelajaran individual. Kata Kunci: Pembelajaran Saxophone, Ekstrakurikuler Musik, SMA Negeri 9 Bandar Lampung} }