@misc{eprints80732, month = {Desember}, title = {IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN BERBASIS REPRESENTASI VISUAL DINAMIS PADA MATERI BIOTEKNOLOGI YANG BERORIENTASI MENINGKATAN KEMAMPUAN HOTS SISWA SMA }, author = {Pratiwi Anisa Gusmita}, address = {UNIVERSITAS LAMPUNG}, publisher = {FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN}, year = {2024}, url = {http://digilib.unila.ac.id/80732/}, abstract = {Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pengimplementasian pembelajaran berbasis representasi visual dinamis pada topik materi Bioteknologi terhadap peningkatan kemampuan HOTS siswa kelas XII SMA N 1 Pagelaran. Jenis penelitian yang digunakan ialah quasi eksperimen. Sampel penelitian terdiri dari dua kelas yang dipilih dengan teknik purposive sampling. Metode penelitian dilakukan dengan memberikan pembelajaran berbasis representasi visual dinamis di kelas eksperimen dan pembelajaran teks di kelas kontrol. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan desain pretest-posttest non equivalent group design. Data penelitian didapatkan dengan teknik instrumen dan angket. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan pembelajaran berbasis representasi visual dinamis berpengaruh signifikan terhadap peningkatan kemampuan HOTS siswa, dengan hasil uji independent t test Sig. (2-tailed) 0,00 {\ensuremath{<}} 0,05. Rata-rata n-gain kelas eksperimen sebesar 0,34 termasuk kategori sedang, lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol dengan rata-rata n-gain 0,22 termasuk kategori rendah. Uji pengaruh (effect size) yang dilakukan menunjukkan nilai0,76 dengan interpretasi efektivitas sedang. Uji korelasi menunjukkan Sig. (2-tailed) 0,00 {\ensuremath{<}} 0,05 dengan nilai korelasi +0,91 dengan kriteria berkorelasi sangat kuat. Presentase hasil angket tanggapan siswa 87,24\%. Kata Kunci: representasi visual dinamis, kemampuan HOTS, korelasi, bioteknologi.} }