title: Makna Simbolik Tari Mamandapan di Desa Kuripan Kabupaten Lampung Selatan creator: Ade Lutfhi, Usa Azhari subject: 370 Pendidikan subject: 700 Seni, seni rupa, kesenian description: Penelitian ini membahas tentang makna simbolik yang terdapat pada tari Mamandapan di desa Kuripan kabupaten Lampung Selatan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif, dengan teknik pengumpulan data yang dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan teori simbol milik Susanne K Langer, pada teori tersebut memiliki dua tahap analisis, yaitu simbol diskursif dan simbol presentasional. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, simbol diskursif pada gerak lapah maju terdapat simbol tangan sembah, yang memiiki makna rasa terima kasih yang ditunjukkan kepada Tuhan yang maha esa dan tokoh adat. Gerak tepok yang memiliki makna bahwasanya, penari mekhanai ingin menggoda penari muli, sementara gerak tepis memiliki makna bahwa penari muli merasa malu-malu saat di goda. Simbol warna putih pada busana yang dikenakan oleh penari memiliki makna suci dan kesederhanaan, dan simbol vertikal pada pola lantai tari Mamandapan memiliki makna kekuatan dan ketangguhan. Hasil simbol presentasional pada tari Mamandapan memiliki pemaknaan yaitu rasa kegembiraan yang digambarkan melalui gerak tari. Pada tari Mamandapan juga menggambarkan proses perkenalan muli dan mekhanai sebelum melangkah ke jenjang pernikahan. Kata kunci : Makna Simbolik, Tari Mamandapan, Lampung Selatan publisher: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN date: 2024-08-07 type: Skripsi type: NonPeerReviewed format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/80735/2/ABSTRAK.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/80735/3/SKRIPSI%20FULL.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/80735/4/SKRIPSI%20FULL%20TANPA%20PEMBAHASAN.pdf identifier: Ade Lutfhi, Usa Azhari (2024) Makna Simbolik Tari Mamandapan di Desa Kuripan Kabupaten Lampung Selatan. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG. relation: http://digilib.unila.ac.id/80735/