%A Ayu Sa'adah Lintang %T EFEKTIVITAS MODEL POGIL DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS PADA MATERI SISTEM KOLOID %X Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan efektivitas model POGIL dalam meningkatkan Keterampilan Proses Sains (KPS) pada materi sistem koloid. Metode yang digunakan pada penelitian ini ialah quasi experiment dengan pretest-posttest control group design. Populasi pada penelitian ini ialah seluruh siswa kelas XI IPA MAN 2 Bandar Lampung Tahun Ajaran 2024/2025. Sampel pada penelitian ini adalah kelas XI IPA 5 sebagai kelas kontrol berjumlah 28 siswa dan kelas XI IPA 1 sebagai kelas eksperimen berjumlah 35 siswa. Pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling. Teknik analisis data yang digunakan ialah uji perbedaan dua rata-rata n-Gain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata n-Gain KPS siswa pada kelas eksperimen sebesar 0,73 sedangkan pada kelas kontrol sebesar 0,49. Hasil pengujian hipotesis (Independent Sample T Test) menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan rata-rata n-Gain KPS antara kelas eksperimen yang menggunakan model POGIL dengan kelas kontrol yang menggunakan model pembelajaran konvensional. Hal ini menunjukkan bahwa model POGIL efektif dalam meningkatkan KPS siswa pada materi sistem koloid. Kata kunci: efektivitas, POGIL, keterampilan proses sains, sistem koloid %D 2024 %C Universitas Lampung %R 2053023002 %I Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan %L eprints80776