?url_ver=Z39.88-2004&rft_id=2013024034&rft_val_fmt=info%3Aofi%2Ffmt%3Akev%3Amtx%3Adc&rft.title=PENGARUH+PBL-STEM+BERBASIS+SOCIO-SCIENTIFIC+ISSUES+TERHADAP+KEMAMPUAN+PEMECAHAN+MASALAH+PESERTA+DIDIK+SMP+NEGERI+1+GADINGREJO%0D%0A&rft.creator=Wulan+Rahma%2C+Prastiwi&rft.subject=370+Pendidikan&rft.subject=373+Pendidikan+menengah%3B+sekolah+tingkat+lanjutan&rft.description=Penelitian+ini+bertujuan+untuk+mengetahui+pengaruh+penggunaan+PBL-STEM+berbasis+socio-scientific+issues+terhadap+peningkatan+kemampuan+pemecahan+masalah+peserta+didik+SMP+Negeri+1+Gadingrejo.+Sampel+yang+diambil+menggunakan+teknik+cluster+random+sampling+dengan+jumlah+sampel+32+peserta+didik+kelas+VII.1+sebagai+kelas+eksperimen+dan+32+peserta+didik+kelas+VII.2+sebagai+kelas+kontrol.+Desain+penelitian+yang+digunakan+quasy+experiment+dengan+teknik+pretest-posttest+non+equivalent+control+group+design.+Data+kemampuan+pemecahan+masalah+diukur+menggunakan+pretest-posttest+sedangkan+data+tanggapan+peserta+didik+terhadap+penggunaan+PBL-STEM+berbasis+socio-scientific+issues+diukur+menggunakan+angket.+Hasil+penelitian+menunjukkan+peningkatan+kemampuan+pemecahan+masalah+peserta+didik+di+kelas+eksperimen+(0%2C66+kategori+sedang)+lebih+tinggi+dibandingkan+kelas+kontrol+(0%2C45+kategori+sedang).+Hasil+uji+independent+sample+t-test+didapatkan+nilai+sig.+(2-tailed)+0%2C00+%3C+0%2C05+artinya+H0+ditolak+dan+H1+diterima.+Dengan+demikian%2C+dapat+disimpulkan+bahwa+penggunaan+PBL-STEM+berbasis+socio-scientific+issues+berpengaruh+signifikan+terhadap+peningkatan+kemampuan+pemecahan+masalah+peserta+didik.+Peningkatan+indikator+kemampuan+pemecahan+masalah+yang+paling+tinggi+adalah+merumuskan+alternatif+strategi+(0%2C81+kategori+tinggi)+sedangkan+yang+paling+rendah+adalah+mengevaluasi+pemecahan+masalah+(0%2C49+kategori+sedang).+Hasil+tanggapan+didapatkan+hampir+semua+peserta+didik+setuju+(85%2C72%25)+bahwa+penggunaan+PBL-STEM+berbasis+socio-scientific+issue+menunjukkan+adanya+tanggapan+positif+dan+diterima+baik+oleh+peserta+didik.+%0D%0A%0D%0AKata+kunci%3A+PBL%2C+STEM%2C+Socio-Scientific+Issues%2C+Kemampuan+Pemecahan+Masalah%0D%0A&rft.publisher=Fakultas+Keguruan+Dan+Ilmu+Pendidikan&rft.date=2024-12-10&rft.type=Skripsi&rft.type=NonPeerReviewed&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F80795%2F1%2FABSTRAK.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F80795%2F2%2FSKRIPSI%2520FULL.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F80795%2F3%2FSKRIPSI%2520FULL%2520TANPA%2520BAB%2520PEMBAHASAN.pdf&rft.identifier=++Wulan+Rahma%2C+Prastiwi++(2024)+PENGARUH+PBL-STEM+BERBASIS+SOCIO-SCIENTIFIC+ISSUES+TERHADAP+KEMAMPUAN+PEMECAHAN+MASALAH+PESERTA+DIDIK+SMP+NEGERI+1+GADINGREJO.++Fakultas+Keguruan+Dan+Ilmu+Pendidikan%2C+Universitas+Lampung.+++++&rft.relation=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F80795%2F