%0 Generic %A DESI, RAMADHANI %C UNIVERSITAS LAMPUNG %D 2024 %F eprints:80848 %I FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN %T PENGARUH MODEL DISCOVERY LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA %U http://digilib.unila.ac.id/80848/ %X Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model discovery learning terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 6 Natar semester genap tahun pelajaran 2023/2024 sebanyak 209 siswa yang terdistribusi ke dalam tujuh kelas yaitu VIII A sampai VIII G. Sampel penelitian ini adalah kelas VIII E terdiri dari 31 siswa dan VIII C terdiri dari 29 siswa yang terpilih dengan teknik purposive sampling. Desain yang digunakan adalah pretest posttest control group design dengan kelas VIII E sebagai kelas eksperimen dan VIII C sebagai kelas kontrol. Data penelitian ini berupa data kuantitatif yang diperoleh melalui tes kemampuan komunikasi matematis siswa. Teknik analisis data meliputi analisis uji prasyarat dan uji hipotesis. Analisis uji hipotesis yang digunakan pada penelitian ini menggunakan uji-t dan uji proporsi. Hasil uji t diperoleh bahwa rata-rata data gain kemampuan komunikasi matematis siswa yang mengikuti model discovery learning lebih tinggi daripada rata-rata data gain kemampuan komunikasi matematis siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional. Hasil uji proporsi diperoleh bahwa proporsi siswa yang memiliki kemampuan komunikasi matematis terkategori baik pada kelas yang mengikuti model discovery learning lebih tinggi daripada kelas yang mengikuti pembelajaran konvensional. Dengan demikian, model discovery learning berpengaruh terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa. Kata kunci: discovery learning, kemampuan komunikasi matematis, pengaruh.