title: PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN LKPD TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA creator: ANNISA LATHIFANI, AMIROH subject: 370 Pendidikan subject: 510 Matematika description: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Problem Based Learning (PBL) berbantuan LKPD terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 6 Natar sebanyak 209 siswa yang terdistribusi ke dalam tujuh kelas. Sampel penelitian ini adalah kelas VIII.A dan VIII.B yang masing-masing terdiri dari 30 siswa dan dipilih dengan teknik cluster random sampling. Desain penelitian yang digunakan adalah pretest-posttest control group design. Data pada penelitian ini berupa data kuantitatif yang diperoleh melalui tes kemampuan pemecahan masalah matematis. Berdasarkan hasil uji Mann-Whitney U diperoleh bahwa kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang mengikuti model PBL berbantuan LKPD lebih tinggi daripada kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional. Dengan demikan dapat disimpulkan bahwa model PBL berbantuan LKPD berpengaruh terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa kelas VIII di SMP Negeri 6 Natar. Kata kunci : LKPD, pemecahan masalah matematis, pengaruh, problem based learning publisher: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN date: 2024-12-10 type: Skripsi type: NonPeerReviewed format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/80851/1/1%20ABSTRAK%20ANNISA%20LATHIFANI%20AMIROH%202013021017.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/80851/2/2%20SKRIPSI%20ANNISA%20LATHIFANI%20AMIROH.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/80851/3/3%20SKRIPSI%20TANPA%20PEMBAHASAN%20ANNISA%20LATHIFANI%20AMIROH%202013021017.pdf identifier: ANNISA LATHIFANI, AMIROH (2024) PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN LKPD TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG. relation: http://digilib.unila.ac.id/80851/