?url_ver=Z39.88-2004&rft_val_fmt=info%3Aofi%2Ffmt%3Akev%3Amtx%3Adc&rft.title=PENGARUH+MODEL+PEMBELAJARAN+PROBLEM+BASED+LEARNING+BERBASIS+ETNOSAINS+TERHADAP+KEMAMPUAN+BERPIKIR+%0D%0AKRITIS+PESERTA+DIDIK&rft.creator=Anisa%2C+-&rft.subject=370+Pendidikan&rft.subject=570+Biologi&rft.description=Penelitian+ini+bertujuan+untuk+mengetahui+pengaruh+penggunanan+model+pembelajaran+%0D%0APBL+berbasis+etnosains+terhadap+kemampuan+berpikir+kritis+peserta+didik+kelas+X+1+%0D%0ASMAN+2+Kasui.+Jenis+penelitian+yang+digunakan+adalah+quasi+eksperimental+dengan+teknik+pretest-posttest+control+group+design.+Sampel+penelitian+ini+berjumlah+69+peserta+didik+yang+diambil+dengan+menggunakan+cluster+random+sampling+yang+terdiri+dari+kelas+X+1+sebagai+kelas+eksperimen+dan+X+2+sebagai+kelas+kontrol.+Data+kemampuan+berpikir+kritis+didapatkan+dari+hasil+pretest+dan+posttest+serta+data+tanggapan+peserta+didik+didapatkan+dari+hasil+angket.+Data+kemampuan+berpikir+kritis+di+analisis+menggunakan+uji+hipotesis+Independent+Sample+T-test.+Hasil+penelitian+menunjukkan+bahwa+penggunaan+model+pembelajaran+PBL+berbasis+etnosains+berpengaruh+secara+signifikan+terhadap+kemampuan+berpikir+kritis+peserta+didik+yaitu+didapatkan+nilai+Sig.(2-tailed)+0%2C00+%3C+0%2C05.+Kemampuan+berpikir+kritis+kelas+eksperimen+lebih+tinggi+dengan+kriteria+sedang+yaitu+N-gain+sebesar+0%2C47+dibandingkan+kelas+kontrol+dengan+kriteria%0D%0Arendah+yaitu+N-gain+sebesar+0%2C27.+Dilakukan+juga+uji+pengaruh+(effect+size)+yang+menunjukkan+penggunaan+model+pembelajaran+PBL+berbasis+etnosains+berpengaruh+besar+terhadap+peningkatan+kemampuan+berpikir+kritis+yaitu+sebesar+3%2C33.+Analisis+angket+tanggapan+peserta+didik+menunjukkan+sebagian+besar+(85%2C14%25)+peserta+didik+memberikan+respon+positif+bahwa+penggunaan+model+pembelajaran+PBL+berbasis+etnosains+membantu+peserta+didik+mengaitkan+materi+dengan+fenomena+yang+terjadi+dalam+kehidupan+sehari-hari+sehingga+memudahkan+peserta+didik+memahami+materi+keanekaragaman+hayati.+Berdasarkan+hasil+tersebut%2C+dapat+disimpulkan+bahwa+%0D%0Apenggunaan+model+PBL+berbasis+etnosains+berpengaruh+signifikan+terhadap%0D%0Akemampuan+berpikir+kritis+peserta+didik.+%0D%0AKata+kunci%3A+kemampuan+berpikir+kritis%2C+peserta+didik%2C+problem+Based+Learning%0D%0Aberbasis+etnosains&rft.publisher=FAKULTAS+KEGURUAN+DAN+ILMU+PENDIDIKAN&rft.date=2024-12-16&rft.type=Skripsi&rft.type=NonPeerReviewed&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F80855%2F1%2FABSTRAK.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F80855%2F2%2FSKRIPSI%2520FULL.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F80855%2F3%2FSKRIPSI%2520FULL%2520TANPA%2520BAB%2520PEMBAHASAN.pdf&rft.identifier=++Anisa%2C+-++(2024)+PENGARUH+MODEL+PEMBELAJARAN+PROBLEM+BASED+LEARNING+BERBASIS+ETNOSAINS+TERHADAP+KEMAMPUAN+BERPIKIR+KRITIS+PESERTA+DIDIK.++FAKULTAS+KEGURUAN+DAN+ILMU+PENDIDIKAN%2C+UNIVERSITAS+LAMPUNG.+++++&rft.relation=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F80855%2F