%0 Generic %A Leony , Ayu Salsabillah %C UNIVERSITAS LAMPUNG %D 2024 %F eprints:80858 %I FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN %T PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN ARCS (ATTENTION, RELEVANCE, CONFIDENCE, SATISFACTION) BERBANTUAN MEDIA ASSEMBLR EDU TERHADAP MOTIVASI DAN HASIl BELAJAR SISWA %U http://digilib.unila.ac.id/80858/ %X Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran ARCS (attention, relevance, confidence, satisfaction) berbantuan media Assemblr Edu terhadap motivasi dan hasil belajar siswa. Desain penelitian quasi-experiment design bentuk non equivalent control group dengan melibatkan 34 siswa kelas VII MTS Al-Fatah Natar Lampung Selatan. Instrumen yang digunakan angket skala motivasi belajar, tes pilihan ganda untuk hasil belajar kognitif. Teknik pengumpulan data dengan pemberian pretest dan posttest yang sebelumnya telah diuji validitas dan reliabilitas instrument. Hasil uji N-gain motivasi belajar kelas eksperimen diperoleh 0,81 tergolong pada kategori tinggi dan hasil uji N-gain hasil belajar kognitif kelas eksperimen diperoleh 0,84 tergolong pada kategori tinggi. Hasil penelitian menggunakan uji Independent Sample T-test, bahwa motivasi belajar siswa di kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol dan hasil belajar di kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol. Kata Kunci : model pembelajaran ARCS, assmblr edu, motivasi belajar, hasil belajar, hardware komputer