@misc{eprints80895, month = {Desember}, title = {ANALISIS SISTEM ANTRIAN PELAYANAN PEMBAYARAN PADA BEGADANG RESTO CONVENTION HALL DI BANDAR LAMPUNG}, author = {Wangsa Putri Rexy }, address = {UNIVERSITAS LAMPUNG}, publisher = {FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS}, year = {2024}, url = {http://digilib.unila.ac.id/80895/}, abstract = {Antrian merupakan proses di mana seorang pelanggan datang ke suatu fasilitas pelayanan, menunggu dalam sebuah garis tunggu, dan akhirnya meninggalkan fasilitas tersebut. Penelitian bertujuan untuk menganalisa tepat dan tidak tepat sistem antrian pelayanan pembayaran yang diterapkan Begadang Resto Convention Hall di Bandar Lampung. Teknik pengumpulan data yaitu observasi/pengamatan langsung. Hasil penelitian selama 21 hari pada jam 11.00- 14.00, dan 18.00-21.00 WIB menunjukkan bahwa struktur antrian yang diterapkan di Begadang Resto Convention Hall yaitu Single Channel-Single Phase dengan model antrian (M/M/1) dan disiplin antrian berupa FCFS. Model antrian (M/M/1) pada jam 20.00-21.00 WIB sudah tepat karena (Lq) sebanyak 0 orang. Jam 11.00-12.00, 12.00-13.00, 13.00-14.00, 18.00-19.00, dan 19.00-20.00 WIB belum tepat, karena terjadi kelebihan pelanggan. Penambahan satu kasir membuat sistem antrian pada jam 11.00-12.00, 13.00-14.00, 18.00-19.00, dan 19.00-20.00 WIB sudah tepat karena Lq kurang dari 2 orang dan Wq kurang dari 3 menit. Penambahan dua kasir membuat sistem antrian pada jam 12.00-13.00 WIB menjadi tepat karena Lq 0 orang dan Ls 2 orang, sehingga Wq 43 detik dan Ws 3 menit 43 detik. Saran yang dapat disampaikan kepada Begadang Resto adalah sebaiknya Begadang Resto membuat Standard Operating Procedure (SOP), untuk memastikan proses antrian berlangsung secara teratur, efisien, dan konsisten. Serta penambahan satu jalur kasir pada jam 11.00-12.00, 13.00-14.00, 18.00- 19.00, dan 19.00-20.00 WIB dan penambahan dua kasir pada jam 12.00-13.00 WIB. Kata Kunci: Sistem Antrian, Model Antrian M/M/1, Single Channel-Single Phase, Begadang Resto Convention Hall} }